Warung Bebas

Senin, 03 September 2012

Tips Mengatur Berat Badan Saat Kehamilan

Tips Mengatur Berat Badan Saat KehamilanKenzoo - Kemamilan merupakan momen yang paling membahagiakan dan ditunggu terutama bagi pasangan baru. Ini juga merupakan sebuah momen yang mendebarkan bagi kalaman perempuan. Karena semua pasti mengharapkan yang terbaik bagi kesehatan janin yang dikandung. Bagi anda yang ingin mengetahui tips kesehatan yang terkait masalah kehamilan, anda bisa membaca di Panduan Menjaga Kehamilan yang pernah kenzoo bagikan sebelumnya. 

Setelah kemaren kita membahas tentang Cara Alami Mencegah Virus Toksoplasma, Kali ini kenzoo ulas tentang Tips Mengatur Berat Badan Saat Kehamilan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa semua wanita yang hamil akan mengalami kenaikan pada berat badannya. Namun, sebaiknya bagi anda yang ingin tetap tampil menawan pada saat setelah melahirkan, penting bagi anda untuk menjaga berat badan anda tanpa mengganggu kesehehatan janin yang anda kanung. Karena ini akan menentukan, seberapa banyak waktu yang anda perlukan untuk mempunyai bentuk tubuh yang seperti semula saat sebelum proses kehamilan.

Seperti yang kita ketahui, untuk mendapatkan tubuh yang ideal tentunya kita harus melakukan program diet ketat dengan cara berolahraga dan mengatus pola makan yang baik. Diet bukan berarti hanya bagi mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas, namun diet bagi ibu hamil juga penting asalkan tidak tetap memperhatikan kondisi kandungan. Nah, berikut ini ada beberapa Tips Mengatur Berat Badan Saat Kehamilan yang bisa anda terapkan pada kehamilan anda.

Langkah pertama adalah untuk terus mencatat perkembangan berat badan anda tiap pekan. Ini akan membantu mengetahui perkembangan kenaikan berat badan ibu hamil. Pada umumnya wanita hamil akan mengalami kenaikan berat badan 12kg sampai 14kg sejak awal kehamilan sampai akhir kehamilan. Untuk memonitor hal ini, kenaikan tiap pekan adalah 0,25 kg tiap pekan atau 1 kg tiap bulan sampai pekan ke 20. Setelah itu kenaikan akan mengalami peningkatan hingga 100% atau 0,5kg tiap pekannya. 

Langkah kedua dalam tips kesehatan ini adalah dengan menggunakan tabel. Namun ini bukan Tabel untuk Menentukan Jenis Kelamin Calon Anak Anda seperti yang pernah kenzoo share pada posting sebelumnya, tetapi ini merupakan tabel mengontrol berat badan. Tabel ini dihitung tiap pekan yang berisi tiga kolom yaitu pekan kehamilan, berat badan yang diharapkan dan terahir adalah berat badan sebenarnya. Dari tabel tersebut anda akan mengetahui apakah anda mengalami berat badan yang berlebihan atau masih dalam batas normal. Tabel bisa anda buat sendiri atau anda bisa mendapatkannya dari tim medis atau dokter anda.

Langkah ketiga adalah lebih selektif dalam memilih makanan yang minim gizi namun berpotensi menambah berat badan. Pilihlah makanan yang tinggi vitamin dan mineral untuk kesehatan ibu hamil. Ibu hamil biasanya memiliki kebutuhan mengkonsumsi makanan ringan dengan interval tidak lebih dari dua jam. Jadi aktivitas inilah yang sebenarnya paling dominan mendistribusikan penambahan berat badan bagi wanita hamil. Untuk camilan sehat sangat diperlukan dan juga buah buahan tropis sangat bagus buat kehamilan kecuali pepaya dan nanas.

Biasanya berat badan akan sulit untuk naik pada trisemester pertama karena pada saaat ini ibu hamil sering mengalami mual dan muntah sehingga kehilangan nafsu makan. Padahal pada semester inilah perkembangan otak, panca indera dan alat kelamin janin mulai debentuk. Jika hal ini terus berangsur angsur dibiarkan, bukan tidak mungkin asupan gizi pada janin akan terganggu. Untuk lebih jelasnya silahkan anda baca di Gambar Perkembangan Janin dalam Kandungan.

Dengan mengikuti tips kesehatan dalam Mengatur Berat Badan Saat Kehamilan ini, anda bisa lebih mudah untuk mendapatkan kembali berat badan ideal anda seperti sebelumnya. Semoga bermanfaat bagi para sahabat.

0 komentar em “Tips Mengatur Berat Badan Saat Kehamilan”

Posting Komentar