Warung Bebas

Sabtu, 15 September 2012

Penyebab Nyeri Panggul Bawah

Kenzoo - Pada artikel sebelumnya kenzoo pernah share tentang  Sakit Pinggang dan Penanganannya yang biasanya terdapat pada punggung belakang dan kali ini tips kesehatan kenzoo akan mencoba ulas tentang Penyebab Nyeri Panggul Bawah yang terdapat pada bagian depan atau lebih tepatnya di bawah pusar.

Nyeri panggul yang biasanya mengacu pada rasa sakit di perut bawah pusar ini bisa terjadi dalam berbagai kondisi. Ini mungkin tanda berbahaya kesuburan, gangguan pencernaan seperti IBS, atau tanda merah untuk keadaan darurat yang mengancam jiwa. Dalam beberapa gambar dibawah ini, kenzoo akan menjelajahi 18 penyebab nyeri panggul. Tetapi pastikan untuk mengunjungi dan konsultasi ke dokter untuk diagnosa yang tepat dan pengobatan.

Radang Usus:

panggul2 kenzoo
Ini adalah peradangan usus buntu, tabung jaringan terhubung ke usus besar. Gejala-gejala termasuk nyeri yang tajam di bagian kanan bawah, muntah dan sakit perut. Jika Anda mengalami gejala tersebut, sebaiknya segera pergi ke UGD. Usus buntu yang terinfeksi harus dioperasi karena ini bisa menyebabkan penyebaran infeksi di dalam perut yang berakibat pada komplikasi yang mengancam jiwa.

Irritable Bowel Syndrome(IBS):

panggul3 kenzoo
Irritable bowel syndrome (IBS) adalah gangguan pencernaan kronis yang menyebabkan nyeri perut berulang, kram, kembung, dan diare atau sembelit. Dokter tidak tahu apa penyebabnya, tetapi ada strategi untuk mengontrol gejala. Ini termasuk perubahan pola makan, manajemen stres, dan obat-obatan untuk mengobati diare atau sembelit.

Ovulasi Menyakitkan:

panggul4 kenzoo
Jika Anda memiliki kedutan menyakitkan pertengahan menstruasi Anda, Anda mungkin merasakan ovulasi tubuh Anda. Selama ovulasi, ovarium melepaskan telur bersama dengan beberapa cairan dan darah yang dapat mengiritasi lapisan perut. Ini disebut mittelschmerz dari kata Jerman untuk "menengah" dan "rasa sakit," karena terjadi pertengahan siklus. Rasa sakit dapat beralih sisi dari bulan ke bulan. Hal ini tidak berbahaya dan biasanya hilang dalam beberapa jam.

PMS(Premenstrual Syndrome):

panggul5 kenzoo
PMS dikenal untuk memicu perubahan suasana hati dan mengidam makanan. Hal ini juga dapat menyebabkan kram perut, nyeri punggung bawah, sakit kepala, payudara lembut, dan timbulnya jerawat. Ini bisa juga terjadi akibat perubahan hormonal. Stres, kurang olahraga, dan kekurangan vitamin dapat membuat gejala lebih buruk. Jika PMS yang mengganggu kegiatan sehari-hari Anda, bicarakan dengan dokter Anda. Perubahan gaya hidup dan obat-obatan sering dapat membantu.

Grafik menunjukkan perubahan hormon selama siklus menstruasi yang normal.

Kram Saat Menstruasi:

panggul6 kenzoo
Setiap bulan, rahim membangun suatu lapisan jaringan yang disebut endometrium, di mana embrio dapat tertananamkan dan tumbuh. Kram menstruasi dapat terjadi ketika kontrak rahim untuk membantu mendorong keluar darah ini. Kram biasanya dirasakan di perut bagian bawah atau punggung dan terakhir satu sampai tiga hari. Baca Juga : Mengatasi Gangguan Kram Saat Menstruasi.

Kehamilan Ektopik:

panggul7 kenzoo
Ini adalah keadaan darurat yang mengancam jiwa yang membutuhkan perawatan segera. Ini terjadi ketika embrio implan dan mulai berkembang di suatu tempat di luar rahim, biasanya tuba fallopi. Gejala-gejala termasuk nyeri panggul yang tajam atau kram (terutama pada satu sisi), perdarahan vagina, mual, dan pusing.

Pelvvic Inflammatory Disease:

panggul9 kenzoo
Salah satu komplikasi yang paling serius dari PMS adalah penyakit radang panggul atau PID. Infeksi ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada rahim, ovarium, dan saluran tuba (terlihat di sini, bengkak dan merah). Bahkan, itu adalah penyebab utama infertilitas pada wanita. Gejala meliputi sakit perut, demam, sekret vagina abnormal, dan rasa sakit saat berhubungan seks atau buang air kecil. PID diobati dengan antibiotik, dan dalam kasus yang parah, pembedahan.

Kista Ovarioum:

panggul9 kenzoo
Sebuah rumah folikel telur Yang habis masanya selama siklus menstruasi dan melepaskan telur saat Anda berovulasi. Kadang-kadang, folikel tidak membuka untuk melepaskan telur atau recloses setelah melepaskan telur dan membengkak dengan cairan, membentuk suatu kista ovarium. Hal ini biasanya tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya. Tetapi kista besar dapat menyebabkan nyeri panggul, berat badan, dan sering buang air kecil. Kista ovarium dapat diidentifikasi dengan pemeriksaan panggul atau USG.

Uterine Fibroid:

panggul10 kenzoo
Fibroid tumbuh di dinding rahim dan kadang-kadang disebut tumor fibroid, tetapi itu bukanlah kanker. Fibroid yang sering terjadi pada wanita di usia 30-an dan 40-an dan biasanya tidak menyebabkan masalah. Namun, beberapa wanita mungkin mengalami tekanan sakit pada perut pinggang, menstruasi yang berat, seks menyakitkan, atau kesulitan hamil. Bicarakan dengan dokter Anda tentang perawatan untuk mengecilkan atau menghapus fibroid yang bermasalah.

Endomettriosis:

panggul11 kenzoo
Pada beberapa wanita, jaringan endometrium tumbuh di luar rahim. Pertumbuhan bisa terbentuk pada ovarium, saluran tuba, kandung kemih, usus, dan bagian lain dari tubuh. Ketika saatnya menstruasi, clump memecah, tapi jaringan tidak memiliki cara untuk meninggalkan tubuh. Sementara ini jarang yang berbahaya, namun dapat menyebabkan rasa sakit dan menghasilkan jaringan parut yang dapat membuat sulit untuk hamil.

Infeksi Saluran Kemih:

panggul12 kenzoo
Infeksi saluran kemih (ISK) dimulai ketika kuman masuk ke dalam saluran kemih. Sebuah ISK dapat menyebabkan masalah di mana saja dari uretra ke kandung kemih dan naik melalui ureter sampai ke ginjal. Gejala termasuk tekanan di bagian bawah pinggul, nyeri buang air kecil, dan sering merasakan dorongan untuk buang air kecil. Infeksi biasanya tidak serius jika segera diobati. Tapi ketika itu menyebar ke ginjal, dapat menyebabkan kerusakan permanen. Tanda-tanda infeksi ginjal termasuk demam, mual, muntah, dan nyeri di salah satu sisi punggung bawah.

BATU GINJAL :

panggul13 kenzoo
Batu ginjal adalah gumpalan garam dan mineral yang tersimpan dalam urin. Mereka dapat menyerupai sebagai butiran pasir atau bisa juga sebesar bola golf. Sebagai batu bergerak dari ginjal ke kandung kemih Anda, mereka dapat memicu mendadak merasakan sakit luar biasa di area perut atau panggul. Urin Anda mungkin menjadi merah muda atau merah darah. Periksa ke dokter Anda jika Anda berpikir Anda memiliki batu ginjal.

Interstitial Cystitis(IC):

panggul14 kenzoo
Interstitial cystitis (IC) adalah suatu kondisi nyeri kronis yang berhubungan dengan radang kandung kemih. Penyebabnya tidak diketahui. Orang dengan IC yang parah mungkin perlu untuk buang air kecil beberapa kali satu jam. Gejala lain termasuk tekanan di atas daerah kemaluan, nyeri buang air kecil, dan rasa sakit saat berhubungan seks. Kondisi ini paling sering terjadi pada perempuan di usia 30-an dan 40-an. Meskipun tidak ada obat, ada cara untuk meredakan gejala.

Penyakit Seks Menular:

panggul15 kenzoo
Nyeri panggul adalah tanda peringatan untuk beberapa penyakit menular seksual. Dua yang paling umum adalah klamidia dan gonore. Hal ini sering terjadi bersama-sama. Mereka tidak selalu menimbulkan gejala, tetapi ketika hal itu terjadi dapat memicu nyeri panggul, nyeri buang air kecil dan keputihan abnormal. Sangat penting untuk mencari pengobatan untuk mencegah komplikasi yang serius dan menghindari menginfeksi pasangan Anda.

Organ Panggul Prolaps:

panggul16 kenzoo
Banyak wanita akan memiliki beberapa jenis prolaps organ panggul dengan bertambahnya usia mereka. Ini terjadi ketika organ, seperti kandung kemih atau rahim, turun ke posisi lebih rendah. Ini biasanya bukan masalah kesehatan yang serius, tetapi dapat menjadi tidak nyaman. Gejala yang paling umum adalah tekanan terhadap dinding vagina, perasaan penuh dalam ketidaknyamanan pada perut bagian bawah, di paha atau punggung bawah dan seks menyakitkan. Pilihan pengobatan berkisar dari latihan khusus sampai dengan operasi.

Syindrome Kemacatan Panggul:

panggul17 kenzoo
Varises biasanya terjadi di kaki namun hal itu kadang-kadang dapat berkembang di panggul. Darah punggung di pembuluh darah panggul, menyebabkan mereka menjadi bengkak dan sakit. Hal ini dikenal sebagai sindrom kemacetan panggul. Nyeri cenderung menjadi lebih buruk ketika Anda duduk atau berdiri. Berbaring dapat memberikan rasa nyaman. Ada prosedur invasif minimal untuk mengobati sindrom kemacetan panggul.

Scar Tissue:

panggul18 kenzoo
Jika Anda pernah menjalani operasi di daerah perut panggul atau lebih rendah, seperti usus buntu atau C-section, atau infeksi di daerah tersebut, Anda bisa memiliki rasa sakit terus menerus dari jaringan parut. Adhesi adalah jenis jaringan parut internal yang membentuk antara organ atau struktur yang tidak dimaksudkan untuk dihubungkan. Adhesi perut dapat menyebabkan rasa sakit dan masalah lainnya, tergantung pada lokasi mereka. Dalam beberapa kasus, perlengketan harus dilakukan operasi.

Vulvodynia:

panggul19 kenzoo
Vulvodynia adalah vulva nyeri kronis yang tidak diketahui penyebabnya. Rasa sakit mempengaruhi daerah sekitar pembukaan vagina. Hal ini dapat terjadi secara konstan atau berulang dan sering digambarkan seperti terbakar, menyengat atau sensasi berdenyut. Naik sepeda atau berhubungan seks dapat membuat rasa sakit parah. (baca juga : Bahaya Bersepeda Bagi Kesehatan Seksual ). Hal ini tidak disebabkan oleh infeksi. Dan diagnosis vulvodynia dibuat hanya setelah mengesampingkan penyebab lain dari nyeri vulva. Cara Mangatasi Nyeri Punguung Bawah jenis ini adalah dengan terapi fisik.

Nyeri Selama Seks:

panggul20 kenzoo
Nyeri saat berhubungan seks (dispareunia) dapat disebabkan oleh banyak kondisi yang telah kita bahas diatas yang sebagian besar dapat diobati. Alasan lain untuk seks menyakitkan adalah infeksi vagina atau pelumasan yang tidak mencukupi. Kadang-kadang tidak ada penjelasan medis untuk nyeri saat berhubungan seks. Dalam kasus tersebut, terapi seksual mungkin bermanfaat. Jenis terapi dapat membantu menyelesaikan konflik batin tentang seks atau penyalahgunaan di masa lalu.

Sakit Panggul Kronis:

panggul21 kenzoo
Nyeri panggul kronis terjadi di bawah pusar dan berlangsung setidaknya 6 bulan. Ini mungkin cukup parah untuk mengganggu tidur Anda, karier, atau hubungan. Langkah pertama menuju hidup Anda kembali adalah melihat dokter Anda untuk diagnosis. Sebagian besar kondisi yang telah kita bahas merespon dengan baik terhadap pengobatan. Kadang-kadang, bahkan setelah banyak pengujian, penyebab nyeri panggul tetap menjadi misteri. Tapi dokter Anda masih dapat membantu Anda menemukan cara untuk merasa lebih baik.

Nah, itulah beberapa kasus Penyebab Nyeri Panggul Bawah yang terjadi pada kebanyakan wanita yang bisa kenzoo bagikan pada tips kesehatan kali ini. Semoga bermanfaat buat para sahabat.

0 komentar em “Penyebab Nyeri Panggul Bawah”

Poskan Komentar