Warung Bebas

Senin, 10 September 2012

Penyebab Gatal Pada Puting

Penyebab Gatal Pada PutingKenzoo - Mempunyai kulit yang sehat dan bebas jamur merupakan keinginan semua orang. Dan menjadikan suatu hal yang memalukan jika terdapat jamur pada kulit kita, apalagi ketika kita sedang berada ditempat umum. Lantas bagaimana lagi jika gatal-gatal itu terasa pada puting anda. Ini biasanya terjadi kebanyakan pada wanita. Banyak penyebab yang bisa disalahkan yang mengakibatkan gatal gatal tersebut. Jika dalam tips kesehatan pada posting sebelumnya kenzoo pernah hadirkan cara tradisional menghilangkan panu, maka berikut ini akan kenzoo ulas tentang Penyebab Gatal Pada Puting.

Dermatitis Kontak - Kebanyakan orang yang akrab dengan jenis dermatitis, penyebab gatal  pada puting bisa jadi mungkin timbul dari racun nikel anting-anting, karet / lateks, atau produk yang mengandung wewangian binatu. Zat ini dapat memicu gatal-gatal pada kulit, nyeri, dan berbagai lesi (misalnya, lepuh kecil, ruam merah) yang dapat membuka dan membentuk krusta. Kadang-kadang reaksi kulit terjadi setelah kontak pertama, tetapi dalam beberapa kasus berulang eksposur dari waktu ke waktu yang berakibat pada reaksi alergi. Pengobatan yang bisa dilakukan dengan mengunakan krim steroid/salep atau tacrolimus yang bisa didapat dari dokter anda.

Dermatitis seboroik - Penyebab umum dari gatal, kulit yang meradang adalah Dermatitis Seboroik (DS). Hal ini terutama terdapat pada dada bagian atas, punggung, kulit kepala, dan wajah yang mana terdapat kelabihan produksi sebum. Artinya, DS ditemukanpada bagian kulit yang paling berminyak. Selain gatal, bisa juga terdapat sisik kulit flakey yang berwarna putih atau kuning . Antara 11-12% orang dewasa akan memiliki Dematitis Seboroik dan biasanya akan mengalami gangguan gatal saat berusia antara 30 sampai dengan 50 tahun.

Diagnosis DS didasarkan pada lokasi lesi. Karena merupakan kondisi kronis, orang tersebut kemungkinan memiliki sejarah wabah serupa di wilayah yang sama. DS cenderung meningkat di musim panas dan pada puting susu dapat diobati dengan lotion yang mengandung selenium, ketoconazole, atau kortikosteroid. Selain itu, bisa juga dengan ketoconazole atau Ciclopirox, namun harus dalam pengawasan ketat oleh tim medis anda.

Candida - Ini merupakan jenis jamur yang biasa terdapat pada vagina dan bisa jadi Penyebab Gatal Pada Puting terutama pada perempuan yang sedang menyusui. Gejala yang paling umum yang diakibatkan infeksi jamur adalah kulit terkelupas atau mengkilap disertai dengan nyeri payudara. Diagnosis Candida dari puting dapat dilakukan dengan menggores kulit. Pada wanita menyusui bisa terjadi gatal terutama jika bayi mempunyai jamur dimulutnya. Untuk mengatasi hal tersebut pada wanita menyusui dengan cara nistatin yang mengandung salep agar bayi tetap menerima ASI tersebut.

Gesekan - Iritasi jaringan sensitif pada puting dapat timbul karena gesekan dari pakaian terhadap puting. Mungkin contoh yang paling dramatis dari hal ini adalah pada saat jogging atau lari. Dalam sebuah laporan tentang cedera dermatologi, antara 3-16% dari pelari mengeluh gatal pada puting dan iritasi. Ini bisa terjadi baik pria maupun wanita. Baca juga : Dampak Buruk Penggunaan Pakaian Ketat.

Neurodermatitis - Neurodermatitis bisa juga dikenal dengan awal fenomena gatal. Ini dimulai dengan adanya iritasi yang bisa berupa eksim, dermatitis atopik, infeksi jamur, atau bahkan gesekan pakaian. Gatal kronis dan menggaruk akan menciptakan siklus dan merangsang gatal terus yang berakibat pada penebalan kulit dan kasar. Sementara ekstremitas adalah situs umum, itu juga dapat ditemukan pada puting dan biasanya satu sisi saja. Neurodermatitis lebih umum di kalangan wanita, dan lebih menonjol antara usia 30-50. Diagnosa dibuat dengan mengesampingkan sumber gatal. Biopsi kulit mungkin dilakukan untuk mengkonfirmasi neurodermatitis jika belum ada respon terhadap perawatan kulit lainnya. Karena neurodermatitis dapat diperburuk selama masa stres dan kecemasan seseorang.

Mengingat berbagai penyebab ada berbagai macam perawatan. Salep steroid, atau bahkan steroid disuntikkan ke daerah yang sakit untuk mengurangi peradangan. Sebuah krim doxipen 5% topikal telah memiliki hasil yang baik dalam menghilangkan gatal. Salah satu pemicu untuk gatal-gatal adalah kulit kering, sehingga menghindari mandi air panas yang panjang, meminimalkan penggunaan sabun, dan pelumas kulit saat masih lembab merupakan tips kesehatan yang dapat membantu menghindari gatal. Salah satu cara yang paling bagus untuk mengetahui Penyebab Gatal Pada Puting yang akurat adalah melakukan diagnosa dilaborat, karena bisa jadi penyebabnya adalah lebih dai satu.

0 komentar em “Penyebab Gatal Pada Puting”

Posting Komentar