Warung Bebas

Jumat, 31 Agustus 2012

Waspadai Toksoplasma Pada Daging Belum Matang

Waspadai Toksoplasma Pada Daging Belum MatangKenzoo - Daging merupakan salah satu jenis makanan mentah yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak. Banyak yang menyukai makanan yang terbuat dari daging ini. Pada tips kesehatan sebelumnya kenzoo pernah mengulas tentangbeberapa Tips Panduan Kehamilan, maka pada artikel kali ini masih berhubungan dengan beberapa tips kesehatan yang terkait dengan daging dan kesehatan kandungan. Seperti yang kita ketahui, jika anda tidak berhati-hati dalam proses pengolahan daging, ini bisa menjadi salah satu gangguan kesehatan sangat berbahaya bagi tubuh anda. Salah satu parasit yang akan timbul dalam proses pengolahan yang salah pada daging adalah toksoplasma gondii. Parasit tersebut merupakan akar dari virus toksoplasma pada tubuh manusia. Selain pada daging, parasit ini juga menempel pada buah-buahan dan sayuran yang tercemar oleh kotoran hewan peliharaan. Toksoplasma tidak hanya ditularkan oleh kucing, namun juga bisa dari semua jenis satwa termasuk burung, ayam, kelinci anjing, babi, kambing dan hewan mamalia lainnya.

Pada dasarnya manusia kebal terhadap infeksi toksoplasma. Walaupun terinfeksi dan kuman masuk kedalam tubuh sering kali tidak menimbulkan penyakit. Namun pada wanita hamil, dampak dari virus ini akan sangat mempengaruhi pada perkembangan janin dalam kandungan seperti menyebabkan keguguran atau gangguan pertumbuhan janin itu sendiri. Menurut dokter, ibu hamil yang terinfeksi virus toksoplasma sesaat menjelang kehamilan dan juga selama hamil dapat menularkan penyakit toksoplasma pada sang bayi yang dikandung.
Semakin tua masa kehamilan, semakin mudah pula virus ini menular. Sementara semakin muda janin yang terkena infeksi, semakin sulit penanganannya.

Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa sekitar 40 persen wanita hamil mempunyai toksoplasma pada awal kehamilan. Meskipun janin akan terus berkembang, tapi dapat membahayakan jaringan otot jantung dan otak, sehingga bisa menyababkan cacat, kesehatan anak menjadi lemah dan perkembangan terhambat.
akibat lain yang ditimbualkan adalah kemungkinan adanya kelemahan pada bagian atau anggota tubuh tertentu.

Sebenarnya toksoplasma dalam bentuk tachizoit terdapat dalam cairan tubuh seperti darah, cairan sperma dan air liur yang mampu ditularkan lewat gigit seranggaan. Tachizoitpun bisa bersarang di calon telur atau kelenjar susu sehingga tidak menutup kemungkinan telur dan air susupun bisa tertular toksoplasma. Penularan juga bisa melalui transfusi darah atau transplantasi organ tubuh yang membawa kista toksoplasma.

Toksopalsma dapat menyerang siapa saja tanpa memandang jenis kelamin dan umur. Sebagian besar orang yang terinfeksi toksolasma telah membentuk kekebalan tubuh sehingga parasit toksoplasma tidak berkembang dan terbungkus dala kista yang terbentuk dari kerak perkapuran. Pada orang dewasa toksoplasma biasanya menimbulkan rasa lelah, nyeri kepala, pembesaran kelenjar getah bening, sakit tenggorokan dan demam. Terkadang terjadi gangguan pada kulit, namun ini tidak khas jadi sulit untuk mengetahui adanya toksoplasma dalam tubuh orang tersebut.

Toksoplasma bisa dideteksi jika dilakukan pemeriksaan darah di laboratorium melalui uji serologis atau serum darah. Uji tersebut dilakukan dengan cara mendeteksi adanya antibodi khas toksoplasma.Jika seseorang terkena virus toksoplasma maka dalam darahnya akan terdekteksi IgM dan IgA antitoksoplasma positif.

Bila indikasi terjadinya infeksi virus positif, penderita harus diberi penanganan sedini mungkin. Penanganan lewat terapi diperlukan sampai wanita tersebut melahirkan dan bahkan setelah persalinan bayi yang dilahirkan harus segera dilakukan pemeriksaan guna mengetahui apakah bayi ikut terkena infeksi virus tersebut.
Meski hasilnya negatif, bayi tetap harus diperiksa secara berkala.

Untuk mencegah terjadinya infeksi virus toksoplasma, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan. Berikut ini kenzoo berikan tips kesahatan  yang bisa anda lakukan untuk mencegahn terinfeksi virus toksoplasma :
  1.  Biasakan mencuci tangan sesudah dan sebelum anda memegang daging atau makanan atau juga benda lainnya dengan menggunakan sabun.
  2. Sebelum makan sayuran segar atau buah-buahan, cuci bersih dengan menggunakan air yang mengalir.
  3. Jaga makanan yang anda konsumsi terhindar dari lalat, semut, kecoa atau juga binatang lainnya.
  4. Jaga kebersihan lingkingan anda, karena parasit yang hinggap dan masuk kedalam tubuh hewan dapat bertahan lama.
  5. Bila anda ingin memasak daging, cucilah sampai bersih dan masak hingga bear-benar matang.
  6. Hindari terlalu akrab dengan hewan peliharaan anda terutama kucing dan burung.
  7. Idealnya sebelum kehamilan, pasangan suami istri memastikan untuk memeriksakan kesehatannya pada dokter. Jika anda berpotenti terkena virus toksoplasma, segeralah melakukan tes TORCH agar dapat dilakukan pengobatan sejak dini.
Nah, itulah tadi tips kesahatan pada posting kali ini yang mengulas tentang toksoplasma yang terdapat pada daging mentah maupun setengah matang. Untuk obat herbal yang bisa digunakan mengatasi virus toksoplasma adalah sambiloto dan Temuputih, dan Kenzoo akan mengulasnya pada posting selanjutnya. Jadi bagi anda para sahabat yang ingin terus mendapatkan tips kesehatan yang baru dari kenzoo, segeralah berlangganan artikel dengan mengisi email anda pada kolom dibawah ini atau bisa menjadi teman Facebook, Twitter atau G +  kenzoo. Semoga bermanfaat bagi anda.

0 komentar em “Waspadai Toksoplasma Pada Daging Belum Matang”

Poskan Komentar