Warung Bebas

Selasa, 28 Agustus 2012

Tips Penanganan Gejala Menopouse

Tips Penanganan Gejala MenopouseTips Penanganan Gejala Menopouse - Melanjutkan tips kesehatan pada artikel sebelumnya tentang mengenal gejala menopause, maka pada kesempatan kali ini kita mencoba mengulas beberapa hal yang bisa dilakukan atau penanganan pada gejala menopause. Bagi yang belum mengetahui beberapa tanda gejala menopause, silahkan anda membaca artikel tersebut diatas. 

Seperti ulasan sebelumnya, bahwa gejala menopause yang dialami setiap wanita mempunyai perbedaan. Jadi tidak bisa dipastikan kapan masa menopause itu akan terjadi pada anda. Dan untuk anda yang saat ini sedang dalam masa premenopause atau menopause, berikut ini ada beberapa tips kesehatan yang bisa anda terapkan pada anda.

Jika gejala menopause yang anda alami menjadikan suatu masalah yang serius bagi anda, lagkah yang paling tepat adalah membicarakan hal tersebut dengan dokter Anda. Ia dapat membantu Anda mempertimbangkan risiko dan manfaat terapi hormon menopause, juga dikenal sebagai terapi hormon pengganti. Pengobatan lain yang bisa dilakukan meliputi pengontrolan penggunaan pil KB, antidepresan, obat tekanan darah, atau obat lain untuk membantu mengatasi masa hot flashes, dan juga  krim estrogen vagina. Dokter Anda mungkin juga akan memberikan tips kesehatan tentang gaya hidup dan mengatur pola makan Anda, olahraga, tidur, dan juga menangani stres.

Terapi penggantian hormon dapat meringankan gejala-gejala menopause. Berbagai produk resep juga tersedia untuk mengobati hot flashes dan gejala masalah di vagina. FDA merekomendasikan agar mengonsumsi dosis terendah untuk membantu mengatasi hal tersebut dan hanya untuk waktu singkat karena penelitian mengaitkan penggunaan jangka panjang dari terapi penggantian hormon memiliki risiko yang lebih besar pada serangan jantung, stroke, pembekuan darah, dan kanker payudara.

Terapi hormon bioidentik untuk gejala menopause dapat merujuk kepada beberapa obat yang disetujui oleh dokter. Atau bisa mengacu pada ahli medis di apotek peracikan untuk mencocokkan setiap pasien yang berbeda. Beberapa dokter mengklaim bahwa hormon bioidentik diperparah lebih aman, tetapi FDA tidak yakin. Saran FDA adalah mengambil dosis terendah untuk waktu yang singkat dan berlaku untuk terapi hormon bioidentik.

Bagi anda yang tertarik untuk mencoba pengobatan alternatif atau pelengkap untuk gejala menopause, mungkin ini bisa menjadi rekomendasi yang terbaik bagi anda.  Menurut National Institutes of Health, belum ada banyak penelitian yang dirancang dengan baik tentang topik ini, sehingga penelitian ini tidak cukup kuat untuk menarik kesimpulan tentang perawatan seperti black cohosh, dong quai, semanggi merah, dan kedelai. Membicarakannya dengan dokter Anda, dan mengatakan padanya mengenai suplemen yang bisa anda konsumsi  menjadi tips kesehatan yang tepat sehingga dokter dapat memeriksa interaksi obat.

Ketika anda mengalami masa menopause, anda juga mempunyai kesempatan lebih besar terkena penyakit jantung (yang merupakan No 1 penyebab kematian bagi perempuan ) dan osteoporosis (penipisan tulang). Hilangnya estrogen mungkin memainkan peran dalam risiko terkena penyakit jantung setelah menopause, namun terapi hormon pengganti tidak dianjurkan untuk mengurangi risiko penyakit jantung atau stroke. Tentu saja, jantung dan kesehatan tulang adalah penting sepanjang hidup seorang wanita, tetapi menopause berarti anda harus benar-benar meluangkan waktu untuk meningkatkan dan mendapatkan perawatan yang serius.

Menjalani gaya hidup sehat dan mengikuti beberapa tips kesehatan adalah penting sepanjang hidup seorang wanita. Dapatkan pemeriksaan yang meliputi pengukuran tekanan gula darah, kolesterol dan membuat janji untuk pemeriksaan rutin seperti mammogram. Menopause juga merupakan waktu yang tepat untuk menjalani tips diet Anda, aktivitas fisik, dan penanganan terhadap stres. Salah satu hal yang paling tepat bagi seorang wanita yang dapat dilakukan saat mengalami transisi ke menopause dan sesudahnya adalah untuk melakukann aktivitas fisik secara teratur. Itu termasuk latihan aerobik untuk jantung dan latihan beban untuk tulangnya, yang keduanya dapat membantu mencegah penambahan berat badan dan memberikan dorongan suasana hati.

Nah, itulah tadi tips kesehatan dalam Tips Penanganan Gejala Menopouse yang bisa kenzoo berikan buat para sahabat. Dapatkan beberapa tips yang lebih menarik lagi yang akan terus kenzoo berikan dengan cara berlangganan artikel dari kenzoo ini dengan cara menjadi teman FB, follow twitter dan cara lainnya yang bisa anda dapatkan pada kolom dibawah ini. Semoga bermanfaat. 

0 komentar em “Tips Penanganan Gejala Menopouse”

Posting Komentar