Warung Bebas

Rabu, 15 Agustus 2012

Tips Menjalani Aktivitas Bagi Penderita Sakit Pinggang

Tips Beraktivitas Bagi Penderita Sakit Pinggang
Tips Beraktivitas Bagi Penderita Sakit Pinggang - Mempunyai gangguan pada punggung bawah atau biasa disebut dengan sakit pinggang memang sangat menyakitkan. Seolah semua aktivitas tak dapat dikerjakan karena masalah ini. Berbagai cara penyembuhan sudah anda lakukan, namun seperti yang kita ketahui bahwa segala macam penyakit tidak bisa disembuhkan secara instan. Harus melewati beberapa waktu untuk bisa sembuh. Seperti dalam artikel sebelumnya tentang Sakit Pinggang dan Penanganannya, berikut pada tips kesehatan kali ini kenzoo berikan beberapa cara dan tips menjalani hari hari bagi penderita sakit pinggang.

Mulai Hari Dengan Aktivitas Lembut
Secara perlahan awali aktivitas pagi anda dengan lembut untuk membantu otot dan sendi yang kaku. Lakukan sedikit peregangan pada tubuh anda dengan hati hati. Ambil nafas yang dalam dan santai juga dapat membantu. Namun sebaiknya tanyakan ke dokter anda, karena ada salah satu gerakan tertentu yang tidak boleh dilakukan jika anda menderita sakit punggung.

Kenakan Sepatu yang Nyaman
Untuk membantu menjaga punggung Anda terasa nyaman, gunakan sepatu yang nyaman pula dengan bantalan yang empuk dan ringan. Sol yang empuk menguragi dampak ketika anda berjalan dipermukaan yang keras. hal ini membantu melindungi punggung, pinggul dan lutut. Bagi wanita, gunakan sepatu dengan hak yang rendah.

Olahraga Secara Bertahab
Olahraga adalah cara terbaik untuk menjaga punggung Anda sehat. Tetapi jika Anda sudah tidak aktif untuk sementara waktu, mulailah secara perlahan. Mulailah dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang selama sekitar 30 menit sehari. Menambahkan peregangan ringan atau yoga juga dapat membantu otot Anda. Tanyakan kepada dokter Anda apa jenis latihan yang terbaik untuk Anda.

Duduk Nyaman
Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk duduk dalam waktu lama, pastikan kursi Anda memiliki sandaran lurus vertikal, sesuaikan kursi dan sandaran lengan. Jika anda memerlukan dukungan ekstra, tempatkan gulungan handuk di belakang bagian bawah punggung Anda. Meletakkan kaki Anda di bangku/kursi yang rendah juga dapat membantu meringankan sakit punggung saat duduk.

Bekerja secara ergonomis
Jika Anda menghabiskan sebagian besar hari di depan komputer, tempat kerja Anda dapat mempengaruhi kesehatan punggung Anda. Anda tidak harus bersandar ke depan untuk mencapai keyboard atau melihat monitor anda. Sebaliknya, pindahkan mereka lebih dekat, sehingga Anda dapat menjaga siku di sisi Anda saat Anda bekerja. Anda juga harus menyesuaikan layar komputer Anda. Usahakan berada dibawah tinggkat mata anda.

Istirahat
Jika Anda melakukan banyak duduk atau berdiri di siang hari, usahakan untuk sering berhenti sejenak untuk melakukan gerakan gerakan kecil. Hanya dengan berjalan kaki di sekitar rumah atau kantor dapat membantu meringankan sendi dan otot. yang kaku. Anda juga dapat mencoba melakukan beberapa peregangan ringan. Namun jika untuk istirahat tidak mungkin, pastikan untuk mengubah posisi Anda sesekali.

Posisi Menelepon yang Baik
Bahu Anda dapat membuat digunakan untuk memegang telepon dengan cara menjepit dengan kepala anda. Namun cara ini merupakan penyebab umum sakit leher dan juga dapat berkontribusi untuk keselarasan pada tulang punggung belakang. Dalam hal ini, tips kesehatan yang paling tepat jika memang harus menggunakan telepon sambil beraktifitas adalah dengan menggunakan hansfree atau headset atau gunakan fungsi speaker yang ada pada ponsel anda.

Posisi Berdiri
Berdiri terlalu lama bisa mengakibatkan nyeri pada punggung bawah. Jika Anda harus berdiri untuk bekerja, cobalah menempatkan satu kaki di atas bangku atau benda rendah lainnya. Kemudian seringlah mengubah posisi kaki. Ini akan membantu mengurangi tekanan dari punggung bawah. Memakai sepatu empuk atau berdiri di atas tikar karet tebal juga dapat membantu mengurangi tekanan ketika Anda harus berdiri selama berjam-jam.

Cara Mengangkat Yang Benar
Mengangkat anak dan benda-benda berat lainnya menjadi sumber umum dari sakit punggung. Coba ikuti tips mengangkat ini :
  1. Jaga agar posisi anda dengan objek lebih dekat. Jaga siku anda sedekat mungkin dengan badan dan usahakan untuk tidak menjangkau objek yang akan diangkat.
  2. Tekuk lutut dan angkat dengan menggunakan otot kaki dan otot perut.
  3. Jangan melakukan gerakan memutar saat mengangkat.
Tips Beraktivitas Bagi Penderita Sakit Pinggang

Hindari Berjalan Menaiki Tangga ?
Berjalan menaiki dan menuruni tangga memang menjadi salah satu tips kesehatan yang banyak disarankan oleh para dokter. Namun hal ini bukanlah salah satu cara yang baik bagi penderita sakit punggung/pinggang. terutama bagi orang dewasa atau yang lebih tua dan memiliki masalah dengan lutut. Jadi sebelum anda malkukan aktivitas ini, sebaiknya tanyakan ke dokter anda dulu.

Sesuaikan Posisi Mengemudi Anda
Mengemudi jarak jauh dapat meletakkan beban pada pinggang Anda. Ikuti tips untuk membantu menjaga punggung Anda merasa baik, bahkan pada perjalanan panjang.
  1. Pindahkan kursi Anda ke depan sehingga Anda tidak perlu membungkuk untuk mencapai kemudi.
  2. Masukan gulungan handuk, bantal kecil, atau lumbar support lain di belakang punggung bawah.
  3. Usahakan istirahat setiap jam pada perjalanan panjang untuk keluar dari mobil dan berjalan-jalan.
Ketahui Olahraga Yang perlu Dihindari
Jika anda pernah mengalami cedera punggung atau berurusan dengan kondisi tertentu, mungkin ada beberapa latihan yang Anda tidak harus melakukan sama sekali sampai dokter memberikan ijin. Ini mungkin termasuk berlari cepat, olahraga raket (badminton, tenis dll), golf, angkat besi, menari, jogging, dan sit-up. Dokter mungkin juga menyarankan agar melakukan lift kaki sambil berbaring di perut Anda. Tanyakan kepada dokter Anda tentang latihan khusus lain yang harus Anda hindari.

Cara Mendorong yang Benar
Kegiatan yang memerlukan mendorong, seperti menggunakan kereta dorong atau memotong rumput dapat mengakibatkan regangan pada punggung bawah. Sekali lagi, jaga posisi siku anda sedekat mungkin dengan badan dan jangan berusaha untuk menjangkau. Jangan mendorong dengan lengan lurus. Jika kegiatan masih terasa seperti terlalu banyak, cobalah melakukan sedikit demi sedikit dan pilih alat yang ringan.

Pilih Posisi Tidur Terbaik
Tidur menyamping adalah posisi tidur yang paling umum. Menempatkan bantal kecil antara lutut membantu menjaga punggung dalam posisi yang baik. Jika Anda harus tidur telentang, coba gunakan bantal di bawah lutut. Hindari tidur telungkup, karena ini dapat membuat sakit semakin parah parah.

Itulah tadi beberapa tips kesehatan yang bisa anda terapkan dalam menjaga aktivitas anda tetap berjalan normal pagi penderita sakit pinggang. Semoga artikel ini bermanfat bagi para sahabat.

0 komentar em “Tips Menjalani Aktivitas Bagi Penderita Sakit Pinggang”

Poskan Komentar