Warung Bebas

Sabtu, 11 Agustus 2012

Sakit Pinggang dan Penanganannya

Sakit Pinggang dan Penanganannya
Sakit Pinggang dan Penangannya - Sakit pinggang merupakan salah satu pengalaman manusia yang universal. Hampir semua orang memilikinya di beberapa titik. Bisa terdapat pada punggung bawah yang dimulai dari tulang rusuk yang disebut daerah lumbal. Nyeri ini dapat terjadi berulang dan bisa menjadikan pekerjaaan anda tertunda. Nyeri ini bisa membaik dengan sendirinya. Namun jika tidak segera membaik, ada beberapa pengobatan yang efektif untuk mengatasi hal ini. Dalam tips kesehatan pada kesempatan kali ini kenzoo mencoba share tentang beberapa permasalahan tentang sakit pinggang dan penanganannya.

Siapa yang Berisiko Terkena Sakit Punggung

Kebanyakan orang pertama kali mendapatkan rasa sakit punggung atau pinggang pada usia 30an. Kemungkinan serangan akan meningkat seiring bertambahnya usia. Alasan lain pinggang adan terasa sakit meliputi
  • Kelebihan berat badan
  • Gaya hidup yang tidak aktif
  • Pekerjaan yang mengharuskan anda mengangkat berat
Sakit Pinggang dan Penanganannya

Gejala sakit Pinggang

Gejala yang biasa terjadi adalah rasa nyeri yang menusuk bagian pinggang belakang anda. Rasa sakit membuat anda kesulitan untuk bergerak atau berdiri secara tegak. Untuk nyeri punggung akut datang dengan tiba tiba, sering terjadi setelah cedera dari olah raga atau angkat berat. Nyeri yang lebih dari tiga bulan dianggap sebagai sakit yang kronis. Jika nyeri yang anda rasakan berlangsung lebih dari tiga hari, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter.

Sakit punggung yang parah akibat jatuh atau cedera harus segera diperiksakan atau mendapatkan perawatan dari seorang profesional kesehatan atau dokter. Tanda tanda peringatan lainnya termasuk kehilangan kontrol kandung kemih atau usus, kaki yang lemah, demam, nyeri saat batuk atau buang air kecil. Jika anda mengalami tanda tanda tersebut disertai sakit punggung, sebaiknya segera hubungi dokter anda.

Jenis nyeri punggung akibat kelelahan pada saat mengangkat berat atau berolahraga terlalu keras atau juga akibat sering disebabkan oleh ketegangan otot. Tapi kadang kadang sakit punggung dapat berhubungan dengan piringan sendi yang menonjol atau pecah. Jika priringan sendi ditekan akan terasa sakit. Saraf sciatic dapat berjalan dari pantat kebawah satu kaki. Hal ini disebut sciatica.

Beberapa Penyebab Sakit Pinggang

Pekerjaan Anda
Jika dalam pekerjaan anda melibatkan gerakan mengangkat, menarik atau apapun yang mebuat pergerakan tulang belakang, hal itu dapat mengakibatkan sakit punggung/pinggang. Namun duduk dimeja seharianpun juga bisa menjadi penyebab sakit ini, terutama jika kursi anda tidak nyaman atau anda sering membungkuk.

Tas Anda
Meskipun anda berupa tas ransel, tas kerja atau apapun yang melewatu bahu anda, itu semua bisa menjadi penyebab rasa sakit pada punggung anda karena punggung bawah yang mendukung tubung bagian atas termasuk berat tambahan yang anda bawa. Jadi apapun jenis tas yang anda bawa bisa menjadikan punggung terasa sakit jika hal itu dilakukan setiap hari secara rutin. Namun, jika memang memungkinkan anda bisa beralih menggunakan tas yang menggunakan roda.

Olah Raga
Berolahraga memang bagus untuk kesehatan anda, namun jika berlebihan ini tentunya menjadi resiko pada sakit punggung. Terlebih jika anda tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berolahraga. Salah satu jenis olahraga yang paling sering menggunakan otot punggung adalah golf. Anda sangat rentan jika selama semingguu kerja kemudian menghabiskan waktu berjam-jam di gym atau olahraga lain pada akhir pekan.

PosturTubuh/Posisi duduk
Posisi duduk yang salah juga bisa menjadi penyebab nyeri pada punggung.  Tanpa anda sadari ketika anda duduk, anda sering melakukan posisi duduk yang salah. Karena tanpa anda sadari anda sedikit membukuk. Posisi terbaik adalah punggung lurus dan menempel pada sandaran kursi rata. Dan ketika anda berdiri, jaga berat badan seimbang merata pada kedua kaki.

Piringan Sendi Hernia
Vertebra tulang belakang yang berbantalkan seperti gel cakram rentan terhadap keausan akibat penuaan atau cedera. Jika terjadi pecah pada piringan sendi atau tonjolan akan memberikan tekanan pada akar saraf tulang belakang. Hal ini biasa disebut dengan Piringan sendi hernia (herniated disc) dan dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri.

Piringan Sendi Hernia

Kondisi Kronis
Beberapa kondisi kronis lainnya yang dapat mengakibatkan nyeri pada pinggang antara lain :
  • Spinal stenosis adalah penyempitan disekitar tulang belakang yang dapat mengakibatkan tekanan pada saraf tulang belakang.
  • Ankylosing mengacu pada rasa sakit punggung kronis dan kekakuan akibat peradangan parah pada sendi tulang belakang.
  • Fibromyalgia menyebabkan nyeri otot luas, termasuk nyeri punggung

Penanganan Pada Penderita Sakit

Diagnosa
Untuk Membantu dokter dalam mendiaknosa sakit pinggang untuk lebih spesifik dalam menggambarkan rasa sakit yang meliputi kapan mulai terjadi dan gejala yang bersangkutan juga sejarah kondisi kronis yang menjadi penyebab, Dokter anda akan melakukan scan sinar-X, CT atau yang lain untuk mencari kerusakan tulang atau piringan sendi atau cedera lainnya pada tulang belakang.

Pengobatan di Rumah
Sakit pinggang/punggung akibat dari ketegangan otot dapat membaik dengan sendirinya. Namun anda juga dapat mengambil beberapa langkah untuk membuat anda lebih nyaman bahkan bisa segera menyembuhkan rasa sakit. Kompres dengan air panas atau mandi dengan air hangat dapat menghilangkan rasa sakit akibat nyeri ini.

Istirahat Total
Ketika punggung anda terasa sakit akibat dari otot yang tegang, dokter menyarankan untuk segera beraktvitas secara normal karena hal ini akan segera menghilangkan rasa sakit tersebut. Sebuah studi mengatakan bahwa lebih dari satu atau dua hari istirahat di tempat tidur akibat sakit punggung justru akan membuat sakit semakin bertambah parah dan dapat mengurangi fleksibilitan otot.

Yoga
Seperti dalam artikel sebelumnya dalam Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Anda. Hal ini juga berlaku pada situasi ini.  Jika sakit punggung tidak hilang dalam waktu tiga bulan, ada bukti bahwa yoga dapat mengatasi hal ini. Dalam penelitian menerangkan bahwa orang yang malakukan yoga selama 12 minggu memiliki gejala sakit pinggang lebih sedikit dibanding mereka yang tidak  melakukan yoga dan hanya melakukan perawatan untuk sakit pinggang. Studi ini menunjukkan konvensional peregangan juga bekerjasama dengan baik. Pastikan instruktur anda berpengalaman dalammengajar orang dengan nyeri punggung dan mengubah postur anda sesuai kebutuhan.

Yoga

Manipulasi tulang belakang
Ahli tulang dan beberapa dokter osteopathic menggunakan manipulasi tulang belakang untuk mengobati nyeri pinggang dengan menerapkan tekanan dengan tangan mereka untuk tulang dan jaringan sekitarnya. Namun perawatan ini tidak sesuai untuk semua orang. Tergantung dari kondisi seberapa parah sakit dan penyebab sakit.

Terapi Pijat
Sebuah studi menunjukkan bahwa pijat dapat membantu meringankan sakit punggung kronis rendah. Setelah 10 minggu, orang yang melakukan pijit rutin mingguan mampu mengurangi rasa sakit dan mampu melakukan aktivitas sehari-hari. Tidak perduli jenis pijat yang bagaimana dan manfaat ini bisa berlangsung selama enam bulan.

Akupunktur
Dapatkah akupunktur mengobati sakit punggung? Pada tahun 2009, sebuah studi dari beberapa ratus orang yang mempunyai nyeri punggung jangka panjang menemukan hasil mengejutkan. Mereka yang memiliki simulasi akupuntur (tusuk gigi yang melibatkan menekan kulit) mendapat manfaat yang sama seperti mereka yang memiliki akupunktur nyata dengan jarum. Setelah delapan minggu, kedua kelompok memiliki bantuan lebih besar daripada orang yang tidak memiliki akupunktur.

Obat
Sakit punggung ringan sering merasa lebih baik dengan obat penghilang rasa sakit, seperti acetaminophen, ibuprofen, atau naproxen. Krim penghilang rasa sakit juga dapat membantu untuk nyeri otot, seperti balsem dan counterpaint. Untuk sakit parah atau sakit kronis, dokter mungkin merekomendasikan resep obat.

Suntikan
Jika terapi sederhana dan obat tidak membantu, dokter mungkin akan merekomendasikan suntikan ke punggung belakang. Satu prosedur, disebut blok akar saraf, target saraf teriritasi. Suntikan untuk sakit punggung biasanya mengandung obat steroid.

Operasi
Jika sakit punggung yang berlangsung lama dan mengganggu kehidupan sehari-hari Anda, dan juga pengobatan lain tidak memberikan hasil yang maksimal, Anda mungkin disarankan untuk melakukan operasi. Tergantung pada penyebab rasa sakit Anda, dokter bedah dapat menghapus herniated disc, memperluas ruang di sekitar tulang belakang, atau memadukan dua tulang tulang belakang bersama-sama.

Terapi Fisik
Jika sakit punggung telah membuat Anda tidak aktif untuk waktu yang lama, program rehabilitasi dapat membantu Anda memperkuat otot dan kembali ke aktivitas anda sehari-hari. Seorang ahli terapi fisik dapat memandu Anda melalui peregangan, latihan kekuatan, dan cardio yang akan membantu Anda menjadi lebih bugar tanpa melelahkan punggung Anda.

Memperkuat Kembali
Dua jenis latihan kekuatan gerak yang dapat mengurangi sakit adalah latihan kelenturan dan ekstensi latihan. Dalam latihan kelenturan, Anda membungkuk ke depan untuk meregangkan otot-otot punggung dan pinggul. Anda bisa melakukan gerakan mencium lutut anda pada posisi duduk dengan kakli lurus menempel lantai. Dalam latihan ekstensi, Anda membungkuk ke belakang untuk mengembangkan otot-otot yang mendukung tulang belakang. Salah satu contoh adalah melakukan lift kaki sambil berbaring di perut Anda. Tergantung pada penyebab sakit punggung, ada beberapa latihan yang tidak boleh lakukan. Jika Anda memiliki sakit punggung, pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda tentang apa latihan yang aman untuk Anda.

Pencegahan

Tidak ada cara pasti untuk mencegah nyeri punggung seiring pertambahan usia, tetapi ada langkah yang dapat diambil untuk menurunkan resiko:
  • Menjaga berat badan yang seimbang dan sehat
  • Berolahraga secara teratur
  • Berusaha mengankat dengan posisi duduk, jangan membungkuk. (gunakan otot kaki)
Selain beberapa tips kesehatan diatas, dengan menjaga pola makan anda untuk selalu menyeimbangkan kandungan nutrisi dan gizi juga sangat penting. Terutama yang banyak mengandung kalsium.

0 komentar em “Sakit Pinggang dan Penanganannya”

Poskan Komentar