Warung Bebas

Senin, 27 Agustus 2012

Mengenal Gejala Menopause

Mengenal Gejala MenopauseMengenal Gejala Menopause - Menopause bukanlah sebuah penyakit. ini merupakan masa dimana berakhirnya proses menstruasi yang dialami wanita secara permanen. meskipun menopause dapat membawa pergolakan fisik dari hot flases, keringat dingin dimalam hari dan juga gejala lainnya, ini bisa menjadi awal dari sebuah fase baru dalam kehidupan wanita. Dalam kesempatan ini, tips kesehatan dari kenzoo akan sedikit membagikan tentang menopause, gejala, tindakan dan bagaimana menyikapi hal tersebut.

Penyebab utama menopause adalah usia. Ini adalah akhir dari sebuah potensi wanita untuk melahirkan, dan secara gejala menopause ini terjadi bertahab dengan memperlambat fungsi indung telur. Operasi tertentu dan pengobatan medis bisa menyebabkan menopause. Seperti contohnya kemoterapi, pengangkatan indung telur dan terapi radiasi panggul. Namun operasi pengangkatan rahim tanpa menghapus ovarium tidak menyebabkan menopause, meskipun anda tidak bisa melahirkan lagi.

Menopause biasanya terjadi ketika wanita berusia 51 tahun, namun ini bisa juga terjadi lebih awal atau lambat. Beberapa wanita mulai terlihat mengalami gejala menopause muda saat berusia 40 tahun dan ada juga yang berusia 60 tahun baru menopause, namun ini sangat sedikit. Perempuan yang merokok memiliki risiko menopause lebih awal dibanding yang mencoba menerapkan beberapa tips kesehatan dalam menjalani hari harinya. Tidak ada cara yang terbukti untuk memprediksikan kapan menopause seseorang akan terjadi. Ini hanya setelah wanita kehilangan masa menstruasinya selama 12 bulan tanpa sebab yang jelas.

Menopause alami terjadi secara bertahab. Ovarium tiba tiba berhenti bekerja sebagai fungsinya secara lambat. Transisi ini disebut premenopause. Namun selama masa premenopause, wanita masih mempunyai kesempatan untuk mendapatkan kehamilan lagi. Menopause yang dialami setiap wanita berbeda beda. Ada yang mengalami menopause dengan sedikit kesulitan namun ada juga yang menghambat kehidupan mereka secara drastis. Sebagai contoh ketika menopause yang diakibatkan oleh operasi atau kemoterapi, ini bisa bisa mengakibatkan kesulitan dalam penyeseuaian.

Berikut ini adalah gejala menopause yang sering dialami wanita :

Masa Perubahan : Wanita akan mengalami periode menstruasi yang berubah, namun perubahan ini bervariasi, bisa lebih pendek atau sebaliknya. Perubahan itu adalah normal, namun National Institut of Aging merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter jika anda mendapati perubahan menstruasi yang sangat dekat, pendarahan berat dan jika menstruasi itu berlangsung lebih dari seminggu.

Hot Flushes : Adalah sebuah perasaan panas yang singkat yang dapat membuat wajah dan leher memerah, menyebebkan bercak merah sementara di dada, punggung dan lengan yang di ikuti keringan dingin. Hot Flushes ini juga bervariasi dalam intensitas dan biasanya berlangsung antara 30 detik hingga 10 menit. Untuk mengurangi hot flushes ini, ada beberapa tips kesehatan yang bisa anda lakukan :
  • Gunakan kipas angin dan baju lengan pendek atau pakaian yang tipis
  • Hindari makanan yang pedas
  • Hindari mendinginkan badan dengan kain basah atau air
  • Jauhkan hewan peliharaan dari anda yang dapat menampah rasa panas tubuh anda.
  • Konsultasikan dengan dokter jika masalah ini cukup menggangu dengan tidur anda. 
Selain hal tersebut diatas, untuk mengurangi hot flushes akibat dari gejala menopause, anda bisa melakukan olahraga secara rutin. Membiasakan pola hidup sehat dengan mengikuti beberapa tips kesehatan yang diberikan oleh dokter dan menghindari kebiasaan yang rentan terhadap penyakit akan menghambat proses terjadinya masa menopause yang akan terjadi pada wanita.

Demikian tadi sedikit tentang Mengenal Gejala Menopause yang bisa kenzoo bagikan buat para sahabat. Dan untuk mengetahui bagaimana penanganan pada gejala menopause, kenzoo akan membagikan pada posting selanjutnya. Jadi, silahkan anda kembali lagi kesini atau anda bisa menjadikan kenzoo sahabat anda dengan cara berlangganan artikel dari kenzoo dengan mengisi email, menjadi pengikut member, menjadi sahabat facebook atau memfollow twiter dan juga G plus pada beberapa kolom dan button dibawah ini. Semoga hal ini bisa bermanfaat bagi anda.

0 komentar em “Mengenal Gejala Menopause”

Poskan Komentar