Warung Bebas

Jumat, 24 Agustus 2012

Mengatasi Gangguan Kram Saat Menstruasi

Mengatasi Gangguan Kram Saat MenstruasiMengatasi Gangguan Kram Saat Menstruasi - Ganguan menstruasi banyak sekali ditemukan pada wanita. Salah satu gangguan yang paling umum dan menjadi hal yang ditakutkan terutama bagi perempuan muda adalah "kram". Dalam tips kesehatan pada artikel sebelumnya kenzoo pernah share tentang Cara Menghindari Kejang Otot atau Kram, Berikut ini masih seputar kram namun terkait dengan gangguan menstruasi pada wanita. Kram saat menstruasi atau dalam istilah kedokteran disebut dismenore adalah nyeri perut dan panggul yang dialami oleh wanita pada saat tahap awal menstruasi. kram ini bisa terjadi secara ringan hingga sangat parah. Kram menstruasi ringan mungkin hampir tidak terlihat dan durasinya pendek dan kadang-kadang hanya seperti rasa berat di perut. Kram menstruasi berat dapat begitu menyakitkan sehingga ini mengganggu aktivitas rutin seorang wanita untuk beberapa hari. Puncak dari kram biasanya terjadi dalam waktu 24 jam setelah onset, dan mereda setelah satu hingga dua hari. Ketidaknyamanan ini akan semakin bertambah parah hingga menjalar ke punggung bawah dan bahkan sampai ke kaki.

Gangguan kram saat menstruasi tidak sama dengan gejala yang dialami karena premenstrual sindrom (PMS), meskipun gejala keduanya bisa datang secara bersamaan. Penelitian medis menunjukkan bahwa kram menstruasi sering terjadi lebih buruk pada wanita yang mulai menstruasi dan yang memiliki jangka waktu yang lama. Merokok dan riwayat kram menstruasi keluarga sering dikaitkan dengan kram menstruasi yang menyakitkan. Gangguan menstruasi ini mempengaruhi lebih dari 50% perempuan dan 15% mengalami kram yang parah. Bagi gadis remaja, 90% mereka mengalami kram menstruasi.

Ada dua jenis Kram menstruasi atau dismenore, yaitu Primer dan Skunder.

Pada dismenore primer, tidak ada masalah ginekologi yang mendasari menyebabkan rasa sakit. Jenis gangguan menstruasi dapat dimulai dalam waktu enam bulan sampai satu tahun sejak awal menstruasi, saat seorang gadis mulai mengalami periode menstruasi. Kram menstruasi biasanya tidak dimulai sampai siklus menstruasi ovulasi (ketika telur dilepaskan dari ovarium) terjadi, dan perdarahan menstruasi biasanya dimulai sebelum timbulnya ovulasi.

Pada dismenore sekunder, beberapa kondisi abnormal yang mendasarinya, biasanya melibatkan sistem reproduksi wanita akan memberikan kontribusi untuk nyeri haid. gangguan menstruasi ini akan terjadi jelas pada menarche (awal menstruasi),  namun lebih sering dan kondisinya semakin berkembang kemudian.

Pengobatan untuk kram menstruasi umum (dismenore primer)

Pilihan pengobatan bervariasi dan setiap wanita perlu untuk menemukan pengobatan yang bekerja untuknya. Menurut Dokter pengajar di harvard medical scool, Pengobatan gangguan menstruasi yang tidak melibatkan penggunaan obat adalah dengan cara istirahat yang cukup dan tidur, olahraga teratur (terutama berjalan), dan berhenti merokok bagi yang mempunyai kebiasaan buruk tersebut. Beberapa wanita menemukan bahwa pijat perut, yoga, atau aktivitas seksual orgasme dapat membantu. Selain itu dengan memberikan pengompresan dengan handuk panas yang diterapkan pada daerah perut juga dapat mengurangi rasa sakit.

Untuk kram menstruasi ringan, Pengobatan bisa langsung dengan menggunakan obat jenis aspirin dan acetaminophen (Tylenol), atau acetaminophen plus diuretik (seperti Diurex MPR, Midol, Pamprin, Premesyn). Namun, aspirin memiliki efek terbatas dalam mengendalikan produksi prostaglandin dan hanya berguna untuk gangguan mestruasi kram ringan. Untuk kram menstruasi moderat, anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) dapat membantu mengatasi gangguan menstruasi ini. Obat ini lebih efektif daripada aspirin dalam menghambat produksi dan tindakan dari prostaglandin. Jenis obat NSAID yang tersedia adalah:
  • Ibuprofen (Advil, Midol IB, Motrin, Nuprin, dan lain-lain)
  • Naproxen sodium (Aleve, Anaprox)
  • ketoprofen (Actron, Orudis KT)
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengatasi gangguan menstruasi dengan menggunakan NSAD, sebaiknya dimulai 1 hinnga 2 hari sebelum mnenstruasi dan terus meminumnya hingga 1 sampai 2 hari mentsruasi berlangsung.

Itulah tadi tips kesehatan dalam cara Mengatasi Gangguan Kram Saat Menstruasi pada wanita yang bisa kenzoo share buat para sahabat. Semoga bisa bermanfaat.

0 komentar em “Mengatasi Gangguan Kram Saat Menstruasi”

Posting Komentar