Warung Bebas

Rabu, 29 Agustus 2012

Kenapa Vitamin D itu Penting

Vitamin DKenzoo - Dalam tips kesehatan dari kenzoo kali ini akan mengulas tentang pentingnya vitamin D bagi tubuh. Seperti kita ketahui bersama bahwa vitamin D merupakan salah satu vitamin larut lemak (misalnya A, D, E, K). Untuk penyerapan yang maksimal, sebaiknya konsumsi beberapa makanan yang mengandung lemak misalnya kacang, susu rendah lemak. Ada dua bentuk utama vitamin: D2 (ergocalciferol) dan D3 (cholecalciferol). Penangkapan sinar ultraviolet B akan meningkatkan tingkat D3 Anda. Ikan berlemak, jamur, telur dan daging kaya akan vitamin D. Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium yang tepat dan fosfat. Itulah mengapa vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang.

Sebuah penelitian yang masih terus berkembang menunjukkan bahwa kadar vitamin D sangat diperlukan untuk kekebalan yang optimal, otak, saraf, dan fungsi otot dan kontrol gen yang dapat mempengaruhi kecenderungan kita terhadap penyakit tertentu. Mungkin kita semua masih ingat  sebuah rekomendasi dari nenek moyang kita untuk berjemur pada sinar matahari pagi selama 15 menit. Nah, ternyata itu semua tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh. Sebuah study yang dilakukan pada pemain skatebiard dan peselancar di Hawai menunjukkan bahwa 50% dari mereka memiliki kadar vitamin D yang rendah. Sedangkan mereka rata rata menghabiskan harinya di bawah sinar matahari. Mengolesi tubuh dengan tabir surya mengakibatkan paparan sinar matahari terblokir dan menghambat penyerapan sinar matahari. 

Para dokter merekomendasikan bahwa tingkat yang memadai dari kadar vitamin D dalam tubuh sebesar 20ng/ml. Sementara Yayasan Osteoporosis Internasional dan Endocrine mengatakan bahwa untuk kesehatan tulang diperlukan 30 ng/ml vitamin D pada tubuh seseorang. Namun untuk kelebihan kadar vitamin D diatas 50 ng/ml dapat menimbulkan resiko kanker kulit. Seperti penjelasan pada artikel sebelumnya tentang Dampak Buruk Kehamilan Dengan Kadar Vitamvin D rendah.

Lantas, apa yang bisa anda lakukan terhadap hal ini?

  1. Sebaiknya periksakan ke dokter tentang kadar vitamin D yang ada dalam tubuh anda. Hal ini sangat penting terutama bagi anda yang sedikit mendapatkan sinar matahari, sedang dalam menghadapi gejala Osteoporosis, memiliki asupan makanan yang tidak memadai. Ini sangat dianjurkan oleh para dokter untuk mengetahui data data dasar yang bisa dijadikan sebagai acuan dalam mendiagnosa penyakit lainnya.

  2. Diskusikan status vitamin D dan suplemen dengan tim medis Anda. Karena ada kontroversi seputar laporan Yayasan Osteoporosis Internasional mengenai tingkat vitamin D normal dan asupan suplemen. Anda perlu berbicara dengan profesional medis Anda tentang situasi pribadi Anda. Jenis kelamin, umur, tingkat aktivitas fisik, asupan gizi, status tulang, resiko osteoporosis, dan paparan sinar matahari yang merupakan faktor-faktor yang harus dipertimbangkan. Dan anda dapat memiliki diskusi komprehensif tentang langkah selanjutnya untuk mengoptimalkan status kadar vitamin D anda.

   3. Anda dapat menambah tingkat kadar vitamin D anda dengan mengkonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin D pada berbagai tingkat, dan biasanya suplemen kalsium diperkaya dengan vitamin D. Cek berapa banyak Anda mengkonsumsi vitamin D dari sumber makanan termasuk susu fortifikasi dan sereal. Ini akan membantu Anda memantau asupan total. Dan itu akan sangat membantu untuk berbagi informasi ini dengan tim medis Anda ketika Anda memutuskan berapa banyak vitamin D yang anda butuhkan setiap hari.

  4. Menyerap beberapa sinar matahari, meskipun kita sekarang tahu bahwa 15 menit di bawah sinar matahari mungkin tidak cukup, namun itu masih bagus untuk mendapatkan keuntungan yang anda dapat dari matahari, sambil menikmati lingkungan luar anda sambil tetap aktif secara fisik. Namun ingat untuk menggunakan tabir surya secukupnya agar kulit tidak terkena risiko kanker. Ambil secukupnya vitamin D tersebut dari sinar matahari. Baca : Contoh kerusakan kulit akibat sinar matahari.

  5. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D seperti contohnya ikan sarden. Dan jika anda memilih ikan salmon/sarden, sebaiknya jangan mengambil dari sarden kemasan dalam artian, usahakan anda mendapatkan ikan salmon yang liar atau masih segar. Selain itu anda bisa mendapatkan tambahan vitamin D ini dari tomat dan wortel.

Nah sedikit tips kesehatan yang bisa kenzoo berikan buat para sahabat tentang kenapa vitamin D itu Penting. Semoga bermanfaat.

0 komentar em “Kenapa Vitamin D itu Penting”

Poskan Komentar