Warung Bebas

Kamis, 30 Agustus 2012

Hentikan Pendarahan dengan Daun Sambang Darah

Hentikan Pendarahan dengan Daun Sambang Darah
Kenzoo - Sambang darah merupakan salah satu jenis tanaman perdu yang biasanya digunakan untuk pagar hidup di area sekitar rumah. Biasanya ini masih banyak digunakan di perkampungan atau desa desa. Dibalik semua itu ternyata tanaman yang satu ini mempunyai khasiat yang sangat bagus buat pengobatan. Jika dalam tips kesehatan sebelumnya kenzoo bagikan tentang Tips Mempunyai kaki yang indah, maka berikut ini kita mencoba mengulas tentang tanaman herbal yang bisa digunakan menjadi salah satu tanaman wajib di rumah anda. Tanaman ini dikatakan sambang darah karena daunnya memiliki warna hijau dan merah yang berkasiat mengatasi keluhan pendarahan.

Tanaman sambang darah ini tidak menyukai tanah yang tergenang air, justru akan tumbuh dengan suburnya di lahan yang kering dengan tanah yang padat. Tanaman yang berasal dari indochina ini tergolong dalam jenis tanaman obat obatan yang sudah banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan. Namun seiring perkembangan jaman, sambang darah juga banyak dikembangkan sebagai tanaman hias. Daunnya yang subur bisa digunakan untuk obat luar maupun juga sebagai obat dari dalam. Semua bagian mulai dari akar, ranting sampai daun bisa digunakan sebagai herbal.

Salah satu khasiat yang paling banyak digunakan untuk mengatasi perdarahan, membasmi parasit atau jamur kulit dan juga menghilangkan gatal gatal. Jika keluhan datang dari dalam, maka daun ini bisa dibuat menjadi suatu ramuan yang bisa diminum, dan untuk pengobatan dari luar daun ini biasanya bisa digunakan untuk bobokan (dengan cara ditempel). Secara kimiawi, getah sambang darah memang mengandung senyawa beracun. Untuk itu, pengobatan yang dilakukan lebih banyak menggunakan saripati daunnya. Daun tanaman perdu ini mengandung senyawa tanin yang bersifat mengikat dan mengendapkan protein. Ramuan yang dibuat dari sambah darah bersifat hangat dan rasanya pedas.

Sambang darah memiliki ciri ciri yaitu tegak tanaman ini mencapai hingga 200cm dengan percabangan yang banyak dan getah berwarna putih. Bentuk daun berhelai lancip dengan tangkai bercabang kayu. Warna daun pada permukaan berwarna hijau tua dan permukaan bawahnya berwarna merah gelap. Jenis tanaman perdu yang satu ini kadang sering disalah artikan juga untuk menyebut tanaman lain dengan warna daun yang sama. Sambang darah juga mengacu pada jenis tanaman pot yang biasanya disebut sambang getih. Maksud dari sebutan ini sebenarnya sama akan tetapi mempunyai khasiat yang berbeda dan jenis yang berbeda pula.

Dengan ramuan yang berbeda-beda, sambang darah bisa digunakan untuk melancarkan dan mengeluarkan darah sewaktu menstruasi maupun melahirkan, mengobati batuk darah dan muntah darah juga bisa menghentikan luka yang berdarah. Untuk pengobatan dari dalam, pemakaiannya dengan cara menumbuk daun sampai lembut, merebusnya lalu disaring dengan kain yang bersih dan lembut. Dan berikut ini khasiat lain dari sambang darah :

1. Menghentikan pendarahan setelah melahirkan maupun keguguran dan gangguan haid.
Caranya :
  1. Cuci bersih akar yang kering kira kira sebesar satu setengah ukuran jari kelingking orang dewasa.
  2. Potong potong lalu rebus dengan dua gelas air hingga tersisa separuh air rebusan tyersebut.
  3. Setelah dingin, saring dengan kain bersih, berdoa dan minum sehari dua kali masing masing setengah gelas.
2. Mengatasi Muntah Darah.
Caranya :
  1. Ambil 10 lembar daun dan cuci sampai bersih.
  2. Tumbuk hingga halus atau bisa juga di blender.
  3. Tambahkan sedikit garam dan air matang setengan gelas.
  4. Aduk rata, saring, berdoa dan minum.
3. Mengobati Disentri
Caranya :
  1. Ambil 15 lembar daun sambang darah dan cuci hingga bersih.
  2. Rebus dengantiga gelas air dan sisakan sampai manjadi dua gelas.
  3. Setelah dingin, air bisa diminum untuk dua kali dalam sehari.
4. Mengobati Luka Berdarah.
Caranya :
  1. Ambil daun secukupnua lalu cuci bersih.
  2. Tumbuh sampai halus lalu bubuhkan pada luka dan tutup dengan kain kasa beberapa saat.
  3. Setelah agak kering dan kaku, lepas dan bersihkan dengan air hangat.
Nah, itulah tadi beberapa kegunaan dari daun sambang darah yang bisa anda gunakan menjadi salah satu tips kesehatan dalam pengobataan tradisional yang bisa kenzoo berikan pada sahabat. Semoga bisa bermanfaat.

0 komentar em “Hentikan Pendarahan dengan Daun Sambang Darah”

Posting Komentar