Warung Bebas

Selasa, 21 Agustus 2012

Dampak Buruk Penggunaan Kosmetik

Dampak Buruk Penggunaan KosmetikDampak Buruk Penggunaan Kosmetik - Bagi anda para perempuan yang senang dalam melakukan make up, sebaiknya anda lebih berhati hati dalam menentukan dan menggunakan kosmetik tersebut. Karena dalam beberapa studi telah ditemukan banyak hal yang mengakibatkan gangguan kesehatan bagi anda. Nah, jika dalam artikel sebelumnya pernah kenzoo share tentang 7 Rahasia Kecantikan Wanita, berikut ini tips kesehatan dari kenzoo mencoba share tentang beberapa resiko buruk akibat penggunaan kosmetik dan solusi yang sebaiknya anda terapkan.

1. Keratin Pelurus

Melakukan pelurusan rambut atau biasa disebut dengan rebonding disalon bisa memberikan tampilan yang sangat bagus bagi  rambut anda. Rambut bisa menjadi lurus, lembut dan indah. Perawatan ini biasa dipasarkan sebagai formaldehida bebas, namun produk yang digunakan kebanyakan mengandung bahan kimia dengan konsentrasi OSHA Oregon tinggi. Penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan kanker.

solusi : Penggunaan kondisioner dan Flat Iron (catok) menjadi salah satu alternative yang bagus untuk anda terapkan jika anda memiliki gaya hidup dalam menjalani tips kesehatan yang baik. Kondisioner dapat membantu melawan rambut keriting dengan menetralisir dampak listrik statis.

2. Pewarna Rambut

Beberapa studi menunjukkan bahwa perempuan yang menggunakan pewarna rambut permanen lebih berisiko mendapatkan leukemia atau limfoma. Terutama jika mereka menggunakan jenis pewarna rambut permanen berwarna gelap. Beberapa penyedia pelayanan tips kesehatan juga merekomendasikan untuk tidak menggunakan pewarna rambut selama kehamilan. Karena dikawatirkan bisa berpengaruh pada kesehatan janin. Baca : Waspadai Mengecat rambut dan Tatto Temporary Saat Kehamilan.

Solusi : Gunakan pewarna rambut nabati untuk mendapatkan rambut sesuai dengan warna yang anda inginkan. Dan bagi wanita dengan kehamilan, sebaiknya konsultasikan ke dokter anda sebelum melakukan pewarnaan pada rambut anda.

3. Lensa Kontak

Penggunaan lensa kontak yang berwarna dapat memberikan tampilan anda lebih menarik meski itu tidak mempengaruhi dalam penglihatan anda. (sekedar gaya). Namun jika anda tidak berhati hati dalam penggunaannya, anda beresiko mendapatkan cidera mata atau infeksi yang dapat menyebabkan kebutaan, meski penggunaannya hanya dalam jangka pendek. Lensa kontak memerlukan pembersihan dan perawatan yang tepat.

Solusi : jika anda merasa anda ingin erubah panampilan pada mata anda, sebaiknya konsultasikan pada tenaga profesional yang berlisensi tentang masalah lensa kontak yang berwarna. Dokter bisa memberikan resep untuk anda gunakan bagaimana cara merawat dan menggunakan lensa kontak yang baik dan benar. Belilah lensa kontak dari tempat tempat yang dipercaya dan ikuti beberapa tips kesehatan dalam merawat lensa konta.

4. Obat Bulu Mata

Latisse merupakan salah satu obat untuk mendapatkan bulu mata yang genit dan panjang. Dengan memulas tiap hari selama beberapa minggu anda akan mendapatkan hasilnya. Namun penting untuk anda catat beberapa risiko yang ditimmbulkan. Begitu pula penggunaan bulu mata palsu dengan menggunakan perekat. Beberapa perekat bisa menimbulkan alergi dan iritasi pada sebagian orang. Sebuah studi telah mengaitkan penggunaan perekat dengan cidera mata serius termasuk kebutaan.

Solusi : Sebaiknya gunakan seperlunya saja dan ikuti beberapa panduan dan tips kesehatan yang terkait dengan mata anda. Pada penggunaan dengan jangka panjang sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau profesioal medis anda.

5. Hidroquinone

Hydroquinon adalah zat yang digunakan untuk mencerahkan kulit. Dermatologis sering merekomendasikan penggunaan ini untuk menghilangkan bercak bercak hitam atau melasma. Penggunaan bahan ini secara berlebihan bisa menyebabkan perubahan kulit. Penelitian yang dilakukan pada hewan bisa menimbulkan kanker, meskipun penelitian pada manusia masih terus dilakukan.

Solusi : Sebuah perawatan yang sedikit lebih mahal telah memberikan solusi dengan penggunaan LaserResurfaing Kulit yang bisa menghilangkan lapisan atas kulit dan menghilagkan bintik bintik hitam.

6. Manicure

Bagi para wanita yang menginginkan kaki yang indah, tentunya anda tidak akan asing dengan manicure dan padicure. Sebagai referensi anda bahwa produk manicure mengandung bahan bahan berbahaya termasuk formaldehida, phthalates, aseton atau toulena. Asap dan gas ini bisa mengiritasi kulit, mata, hidung dan saluran pernapasan. Ini lebih sering terjadi pada pekerja salon dari pada klien. Manikur dan padikur juga bisa mengakibatkan infeksi jamur dan bekteri terutama jika peralatan kurang steril.

Solusi : Periksa dan tanyakan pada beberapa sumber terpercaya terkait dengan kebersihan salon yang akan anda gunakan. Tinggalkan jika anda meragukan dengan sanitasi dan praktek deinfeksi. Jangan mencukur bulu kaki anda sebelum pedikur. Bagi pekerja salon, pastikan tempat anda bekerja mematuhi undang undang keselamatan pekerja.
  
7.Make up Kadaluarsa

Pengawet dalam riasan dapat memudar dari waktu kewaktu yang memungkinkan bakteri tumbuh di dalamnya. Para ahli memberikan tips kesehatann sebagai pedoman penggunaan kosmetik :
  1. Fondation : 1 tahun
  2. Bedak/shadow : 2 tahun
  3. Lipstik : 1 tahun
  4. Maskara ; 3-4 bulan
Solusi : Segera buang kosmetik anda jika anda mengalami iritasi atau alergi. Teliti tanggal kadaluarsa sebelum anda membeli kosmetik tersebut.

Dengan mengetahui beberapa tips kesehatan dalam menentukan pemakaian kosmetik ini, kenzoo berharap annda para sahabat lebih teliti dan berhati hati dalam penggunaanya. Semoga bermanfaat.

0 komentar em “Dampak Buruk Penggunaan Kosmetik”

Poskan Komentar