Warung Bebas

Kamis, 09 Agustus 2012

11 Tips Memiliki Mata Yang Indah

11 Tips Memiliki Mata Yang IndahTips Memiliki Mata Yang Indah - Mata adalah salah satu bagian dari indera yang sangat vital. untuk itulah menjaga kesehatan mata sangat penting bagi kita. Dengan memberikan perawatan yang rutin dan menjaga kesehatan mata, maka mata akan terlihat lebih indah. Dalam tips kesehatan pada kesempatan kali ini kenzoo akan membagikan beberapa tips untuk memiliki mata yang indah. Dengan mata yang indah maka anda akan kelihatan lebih menawan. 

Dan berikut ini adalah 11 tips yang bisa anda lakukan

1. Berhenti Setiap 20 Menit didepan komputer

Menatap komputer atau layar digital lainnya memang sangat menyenangkan dan membuat anda lupa akan waktu yang sehat untk memelihara keindahan mata anda. Hal ini bisa membuat mata menjadi kering. Anda bisa mengikuti aturan 20/20/20. maksudnya adalah setiap 20 menit anda menatap komputer, usahakan anda berhenti dan melihat kedepan sejauh 20 kaki selama 20 detik. Dan tempatkan layar didepan anda sejauh 25 inchi dan sedikit kebawah dari tinggi mata anda. Atur penggunaan cahaya pada layar monitor atau gunakan filter.

2. Gunakan Selalu Kacamata Hitam

Selain mengakibatkan kerusakan kulit (seperti yang dijelaskan pada Contoh Kerusakan Kulit Akibat UV ) radiasi dari UV juga mampu merusak mata. Efek yang lebih buruk lagi adalah menyebabkan katarak, luka bakar kornea dan bahkan kanker kelopak mata. Setiap kali anda melakukan aktivitas siang hari duluar ruangan, gunakan kacamata hitam yang mampu memblokir 995 sampai 1005 dari sinar UV-A dan UV-B. Meskipun pada saat itu tidak begitu panas cuacanya, tetap gunakan kacamata tersebut, karena beberapa bidang mampu memantulkan sinar matahari yang merusakmata seperti Salju, pasir dan tembok.

3. Gunakan Kacamata Keselamatan Kerja.

Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan dilingkungan anda bekerja, gunakan kacamata keselamatan untuk menghindari beberapa puing puing atau benda yang terbang dan juga percikan bahan kimia yang berbahaya yang bisa masuk kedalam mata.Lensa harus terbuat dari plastik polikarbonat yang 10 kali lebih tahan dari dampak bahan lainnya.

4. Makanan untuk Jantung baik untuk Mata Anda

Makanan yang membantu sirkulasi yang baik untuk jantung baik juga untuk mata. Pilih makanan untuk jantung sehat seperti buah jeruk, sayuran hijau gelap, dan gandum. Makanan yang kaya seng - buncis, kacang polong, kacang tanah, tiram, daging merah tanpa lemak, dan unggas dapat membantu mata melawan kerusakan ringan. Dan wortel membantu penglihatan lebih jelas. Vitamin A di dalamnya adalah penting untuk penglihatan yang baik. Nutrisi lain yang bagus untuk mata adalah makanan yang mengandung beta karoten yang banyak ditemukan dalam buah buahan berwarna kuning dan oranye dan juga sayuran, dan lutein juga zeaxanthin yang bisa ditemukan dalam sayuran hijau dan produk berwarna-warni.

5. Jangan Abaikan Gangguan Mata

Jika mata terasa gatal atau merah, segera kompres dengan air dingin, antihistamin, atau gunakan obat tetes mata. Jika Anda merasa grittiness, seperti ada  pasir di mata Anda, bilas dengan air bersih atau garam. Selain itu anda juga bisa mengikuti tips kesehatan seperti pada ulasan kemaren pada Mengobati Mata Minus dengan Daun Sirih. Periksakan ke dokter jika gejala terus berlanjut atau jika Anda mengalami sakit mata, sekresi, bengkak, atau sensitivitas terhadap cahaya. Alasan lain ke dokter: bintik-bintik mengambang gelap, kilatan cahaya, atau setiap kali Anda tidak dapat melihat secara normal.

6. Bersihkan Lensa Kontak Anda

Jaga mata Anda dengan menjaga kontak lensa Anda. Selalu mencuci tangan sebelum memegang lensa. Gunakan pembersih dan tetes hanya yang direkomendasikan oleh dokter mata Anda. Bersihkan, bilas, dan keringkan setiap kali Anda menghapus lensa, dan menggantinya setiap dua sampai tiga bulan. Jangan memakai kontak lensa ketika Anda sedang berenang atau menggunakan produk pembersih. Jangan menggunakan kontak lensa selama anda tidur. Baca juga : Tips Merawat Kontak Lensa.

7. Ketahui Sejarah Kesehatan Anda

Banyak kondisi kesehatan yang tampaknya tidak berhubungan dapat mempengaruhi mata Anda. Tekanan darah tinggi dan diabetes bisa mengurangi aliran darah ke mata. Gangguan sistem kekebalan di paru-paru, kelenjar tiroid, atau di tempat lain dapat menggangu kesehatan mata juga. Ancaman lain termasuk multiple sclerosis, aneurisma, dan kanker. Beritahu dokter mata Anda tentang masalah kesehatan saat ini atau masa lalu, termasuk anggota keluarga dengan masalah mata atau penyakit serius.

8. Periksa Label Obat

Banyak jenis obat  atau kombinasi obat dapat mempengaruhi penglihatan Anda. Ini termasuk analgesik, antasid, obat anti-kecemasan, antibiotik, antikoagulan, antikonvulsan, antidepresan, antihipertensi, kortikosteroid, diuretik, dan kontrasepsi oral. Tanyakan kepada dokter tentang kemungkinan efek samping dan mencari tanda tanda seperti mata kering atau berair, penglihatan ganda, kepekaan cahaya, kelopak mata bengkak atau murung, dan penglihatan kabur.

9. Buang Make Up Mata Lama

Bakteri tumbuh dengan mudah dalam riasan mata cair atau krim. Ganti produk riasan mata setelah tiga bulan. Jikaerjadi infeksi yang semakin berkembang, segera singkirkan semua riasan mata Anda. Jika Anda cenderung memiliki reaksi alergi, cobalah hanya satu produk baru sekaligus. Jangan berbagi kosmetik dengan orang lain dan menggunakan sampel dari toko. Bersihkan wajah secara menyeluruh sebelum dan setelah menggunakan make up, danhindari menerapkan kosmetik di dalam garis bulu mata.

10. Periksa Mata Secara Rutin

Bagi anda yang memakai kacamata, periksakan mata anda setiap tahun jika anda berusia antara 21 dan 40 tahun. Pemakai lensa kontak dan siapa saja yang berusia lebih dari 40 tahun juga harus mendapatkan pemeriksaan setiap tahun. Ujian ini harus mencakup pelebaran, di mana dokter mata Anda menggunakan tetes untuk melihat ke dalam apakah ada kerusakan atau penyakit. Banyak penyakit mata umum, seperti glaukoma atau masalah retina karena usia atau diabetes yang tidak memberikan tanda-tanda peringatan dini. Beberapa ahli mengatakan anak-anak harus mendapatkan pemeriksaan mata lengkap pada usia 3tahun, 6 tahun dan kemudian setiap dua tahun setelahnya.

11. Berhenti Merokok

Merokok meningkatkan resiko terkena katarak dan memperburuk mata kering tidak nyaman. Ini juga membangun plak dalam aliran darah dan melemahkan arteri. Hal ini tidak hanya meningkatkan risiko serangan jantung, tetapi dapat merusak retina dan menyebabkan kehilangan penglihatan. Hentikanlah kebiasaan buruk ini, karena walau bagaimanapun tidak ada pengaruh yang baik untuk masalah rokok.

Nah, itulah tadi beberapa tips kesehatan yang mampu menjadikan mata anda lebih indah dan sehat. Segera lakukan perawatan sejak dini untuk selalu mendapatkan tubuh yang sehat dan mata yang indah. Semoga bermanfaat.

0 komentar em “11 Tips Memiliki Mata Yang Indah”

Poskan Komentar