Warung Bebas

Jumat, 27 Juli 2012

Tips Tampil Bugar Meski Berpuasa

Tips Tampil Bugar Meski BerpuasaTips Tampil Bugar Meski Berpuasa - Berkurangnya asupan nutrisi pada tubuh saat berpuasa membuat tubuh menjadi lemas dan juga berat badan menurun. Namun, sebaliknya berbuka puasa tanpa mengontrol makanan berdampak pada bertambahnya berat badan. Bahkan tak jarang ketika bulan puasa banyak orang yang justru bertambah berat badannya. Untuk mengatasi hal ini, olah raga ringan sangat diperlukan guna mengontrol kelebihan berat badan juga menyeimbangkan dan menjaga kebugaran tubuh.

Untuk menjaga tubuh tetap tampil bugar dan mersemangat, olah raga ringan sangat diperlukan meski sedang dalam menjalankan puasa. Dan olah raga yang paling sesuai adalah yoga kecil dan peregangan otot atau sejenis pemanasan. Nah, jika dalam tips kesehatan sebelumnya kenzoo pernah share tentang Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Tubuh, maka kembeli kali ini kenzoo mengulasnya karena begitu bermanfaat terlebih saat berpuasa.

Kedua jenis kegiatan tersebut, yaitu yoga dan olahraga ringan,  berguna untuk melemaskan otot dan gerakan tubuh supaya lebih segar. Dan untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan ini sebaiknya pada saat menjelang berbuka puasa. Karena meskipun gerakan ini bisa dilakukan didalam rumah ataupun diluar ruangan, tetap bisa menguras energi. Biasanya kerongkongan terasa kering dan rasa haus yang sangat tinggi.

Olahraga ringan sesaat menjelang berbuka puasa lebih aman karena setelahnya bisa langsung mengembalkan energi yang digunakan saat yoga tadi. Selain itu cairan yang hilang bisa segera tergantikan saat berbuka puasa. Selain menjelang berbuka puasa, olah raga ringan juga bisa dilakukan dua atau tiga jam setelah berbuka puasa. Pada jam jam tersebut tubuh terasa lebih fleksibel untuk segera mengganti energi yang terbuang. Kegiatan olahraga pada saat puasa memang sangat sulit, karena saat berpuasa akan terjadi penurunan metabolisme tubuh secara alami dan penurunan itu juga dipengaruhi karena sedikitnya asupan nutrisi kedalam tubuh. 

Namun, meski hanya olahraga ringan, sebaiknya jangan terlalu dipaksakan setiap hari, tetapi sesuaikan dengan kondisi tubuh jika memang kondisi tubuh tidak memungkinkan untuk melakukannya setiap hari. 

Melengkapi kebugaran tubuh tubuh selain dengan berolahraga ringan ataupun yoga, saat berpuasa juga perlu memperhatikan asupan gizi yang seimbang. Perhatikan juga nilai gizi yang ada dalam menu makanan anda. Pada saat berbuka puasa, sajikan menu makanan yang kaya akan karbohidrat yang berfungsi mengisi kembali energi dengan cepat.

Kebutuhan nilai protein guna membantu pemulihan juga perlu diperhatikan. Selain itu, konsumsi enam sampai delapan gelas air disaat saur dan berbuka puasa merupakan tips kesehatan yang sangat bagus untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa dan berkativitas.

Nah, itulah tadi sedikit tips yang bisa kenzoo berikan buat para sahabat dalam posting kali ini yang kenzoo kemas dalam Tips Tampil Bugar Meski Berpuasa. Semoga bisa bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi anda yang menjalankannya. Semoga puasa anda tetap lancar tanpa adanya gangguan kesehatan. Amin.

0 komentar em “Tips Tampil Bugar Meski Berpuasa”

Posting Komentar