Warung Bebas

Rabu, 18 Juli 2012

Tips Memberikan Makanan Pendamping Asi Bagi Bayi

Tips Memberikan Makanan Pendamping Asi Bagi Bayi
Tips Memberikan Makanan Pendamping Asi Bagi Bayi - Seperti yang dianjurkan oleh para ahli bahwa pemberian makanan pendaming ASI  sebaiknya diberikan pada saat bayi berusia diatas 6 bulan. Namun belakangan ini, beberapa ibu sudah mulai memberikan makanan pendamping ASI lebih awal dari anjuran para ahli. Makanan pendamping tersebut biasanya berupa Susu formula. Hal ini mereka lakukan dengan alasan karena kesibukan dalam bekerja, Merusak Keindahan Payudara atau alasan lainnya, meskipun sebenarnya banyak dari mereka mengetahui bahwa ASI ekslusif selama 6 bulan tidak akan pernah tergantikan oleh susu formula terbaik dan termahal sekalipun. Selain itu, memberikan ASI kepada bayi memberikan efek yang bagus untuk kesehatan payudara bagi sang ibu karena ini bisa mencegah terjadinya kanker payudara.

Dalam kesempatan kali ini, kenzoo mencoba memberikan tips kesehatan untuk sang buah hati dalam cara memberikan Makanan Pendamping ASI. Seperti yang kenzoo jelaskan diatas bahwa makanan pendamping ASI sebaiknya diberikan saat bayi beranjak ke usia diatas 6 bulan atau bayi sudah bisa berada dalam posisi duduk. Dan disini pemberian makanan pendamping dilakukan secara bertahap baik dalam cara pemberian maupun jenis makanan yang akan diberikan pada bayi. Pemberian makanan ini harus dengan melihat respon bayi. Anda bisa memberikan sedikit sebagai pengenalan dan lihat apakah bayi memuntahkan atau menelannya. Dan jika bayi memuntahkan, sebaiknya anda segera mengganti dengan jenis makanan yang lain. Biasanya bayi menyukai makanan yang manis.

Pada tahap awal pemberian makanan pendamping ASI harus dalam bentuk lunak atau setengah cair. Konturnya seperti bubur cair, ini akan memudahkan bayi untuk menelannya. Makanan pendamping ASI yang bisa diberikan adalah jenis buah-buahan seperti, pisang, pepaya, apel, yang dihaluskan dan dicampur dengan susu formula. Buah-buahan dianjurkan pada tahap awal, karena rasanya yang manis, segar dan tidak mengakibatkan sembelit pada bayi. Pada tahap awal konturnya masih seperti bubur cair.

Ketika bayi sudah mulai tumbuh giginya, maka konturnya mulai ditingkatkan agak kasar. Ini juga seiring pencernaan sudah bisa mengolah makanan yang lebih padat(seperti bubur kasar). Disini anda sudah mulai mengenalkan sayuran ke bayi anda. karena jika bayi terlalu sering makan buah yang manis, nanti dia tidak menyukai sayuran yang tidak manis rasanya. Disini diperlukan trik dengan memberikan sayuran diantara makanan buahnya. Dan seperti dalam posting sebelumnya, ketika bayi anda mulai tumbuh giginya, anda harus memberikan perawatan ekstra untuk menjaga kesehatan mulut bayi anda.

Sayuran sebagai makanan pendamping ASI yang bisa diberikan pada tahap awal adalah wortel, kacang polong, brokoli. Yang semuanya harus dalam keadaan lembut atau diblender dulu. Anda bisa memberikannya dengan mencampur dengan kaldu atau susu formula. Sesuaikan konturnya seperti bubur cair pada tahap awal, lalu selanjutnya seperti bubur kasar.

Jika bayi mulai menunjukan tanda mulai sering lapar, maka intensitas pemberian makanan bisa lebih ditingkatkan atau meningkatkan kontur makanan pendamping ASI tersebut. Disini anda sudah bisa memberikan daging yang tak berlemak, dan masih dalam keadaan lembut. Atau ikan yang tak ada durinya. Namun harus dipastikan bayi selalu mendapatkan menu buah dan sayuran dalam setiap makanan pendamping ASInya.

Sebenarnya telur bisa diberikan sebagai makanan pendamping ASI, karena kaya akan protein yang baik bagi pertumbuhan otaknya. Namun ibu harus hati-hati, karena telur sering memicu terjadinya reaksi alergi. Jangan terlalu banyak atau sering pada tahap awal pemberiannya. Anda bisa memberikan sedikit dan lihat reaksi dalam beberapa hari kedepan. Jika tak ada hal-hal yang membahayakan, maka anda bisa memberikan telur tersebut sebagai tambahan dalam asupan gizi sang bayi. Namun selalu berhati-hati dalam intensitas pemberian telur.

Bayi berhak mendapatkan ASI ekslusif selama enam bulan pertama. Makanan pendamping ASI hanya diberikan ketika ASI sudah tidak mencukupi tumbuh kembangnya. Ingat ASI memiliki keunggulan atas susu formula dan tak tergantikan. Dan jika anda para ibu merasa produksi ASI berkurang, sebaiknya anda mengkonsumsi  makanan yang membantu memperlancar ASI anda. Untuk tips tradisional yang bisa kenzoo berikan dalam memperlancar ASI, anda bisa mengkonsumsi sayuran hijau (lembayung/daun kacang panjang) yang bisa anda masak dengan berbagai macam jenis masakan. Selain itu anda juga bisa mengganti jajanan anda dengan jagung sangrai atau yang biasa dibut Marning.

Demikian tips kesehatan pada kesempatan kali ini yang bisa kenzoo berikan kepada para sahabat. Semoga bisa bermanfaat.

0 komentar em “Tips Memberikan Makanan Pendamping Asi Bagi Bayi”

Posting Komentar