Warung Bebas

Minggu, 29 Juli 2012

Fakta Buruk Tentang Bakteri Pada Sikat Gigi

Fakta Buruk Tentang Bakteri Pada Sikat Gigi
Fakta Buruk Tentang Bakteri Pada Sikat Gigi - Tahukah anda bahwa pada sikat gigi anda terdapat jutaan bakteri yang mengancam kesehatan gigi anda. Karena sikat gigi anda sarat dengan berbagai macam kuman, maka dalam tips kesehatan kali ini kenzoo mencoba mengulas tentang berbagai permasalahan yang terkait dengan sikat gigi. Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli menemukan lebih dari 100 juta bakteri termasuk bakteri E-Coli yang menyebabkan diare dan juga staphylococci bakteri yang menyebabkan infeksi kulit. Namun anda tidak usah panik karena mulut anda tidak steril Intinya ada ratusan mikroorganisme dalam mulut kita setiap hari.Ini bukanlah masalah yang besar selama ada keseimbangan bakteri dalam mulut anda.

Bisa sikat gigi Anda Membuat Anda Sakit?

Mungkin tidak. Terlepas dari berapa banyak bakteri hidup di mulut Anda, atau mendapatkan di sana melalui sikat gigi, pertahanan alami tubuh Anda membuatnya sangat tidak mungkin bahwa Anda akan mengalami infeksi hanya dari menyikat gigi. Untungnya, tubuh manusia biasanya mampu mempertahankan diri dari bakteri, Jadi kita tidak mengetahui adanya bukti nyata bahwa menyikat gigi di kamar mandi Anda menyebabkan kerusakan nyata atau merugikan.

Namun, Anda harus perhatikan tentang menyimpan sikat gigi Anda, termasuk seberapa dekat penyimpanan itu dari toilet. Sebagian besar kamar mandi kecil di kebanyakan rumah, mempunyai toilet yang cukup dekat dengan tempat di mana Anda menyimpan sikat gigi Anda. Dan setiap kali anda menyiram toilet, ini akan membuat bakteri terbang keudara yang bisa hinggap pada sikat gigi anda. Sebaiknya simpan sikat gigi anda jauh dari toilet layaknya anda menyimpan piring dan gelas yang jauh dari tempat tersebut.

Tips Menyimpanan Sikat Gigi

Berikut adalah beberapa tips penyimpanan untuk menjaga sikat Anda setidaknya lebih bersih:
  • Bersihkan sikat gigi Anda secara menyeluruh dengan air keran setiap kali Anda menggunakannya.
  • Jaga agar tetap kering. Bakteri menyukai lingkungan yang lembab.
  • Hindari menggunakan penutup sikat gigi karena hal ini yang dapat menciptakan tempat yang lembab untuk berkembang biak bakteri tersebut.
  • Jaga agar tetap tegak. Menyimpan sikat gigi Anda tegak di dudukan, bukan berbaring ke bawah.
  • Menyimpannya untuk diri sendiri. Tidak peduli seberapa dekat Anda dengan adik, saudara, pasangan, atau teman sekamar, jangan pernah menggunakan sikat gigi mereka. 
  • Jangan menyimpan sikat gigi Anda dengan sisi-sisi dalam cangkir yang sama dengan sikat orang lain.
Berbagai produk pembersih sikat gigi menjanjikan bahwa mereka mampu membunuh dan menghilangkan bakteri. Ada bukti bahwa setidaknya beberapa dari produk tersebut efektif membunuh kuman. Tapi tidak ada bukti nyata bahwa yang menggunakan pembersih sikat gigi ini akan mengurangi risiko terkena sakit gigi.

Jika Anda memilih untuk menggunakan salah satu produk ini, pastikan bahwa itu telah direview oleh FDA, yang memeriksa validitas klaim pemasaran produk kesehatan konsumen. Ingat bahwa bahkan produk terbaik inipun tidak akan membunuh semua kuman pada sikat gigi Anda. Paling-paling, mereka akan membunuh 99,9% dari kuman. Itu berarti jika Anda memiliki satu juta bakteri pada sikat gigi Anda,berarti  Anda masih akan memiliki sekitar 1.000 yang tersisa.

Untuk Melindungi Kesehatan Mulut, beberapa situs web merekomendasikan untuk meletakkan sikat gigi Anda ke dalam oven microwave atau mesin cuci piring untuk membersihkan sikat gigi tersebut. Meskipun metode ini akan membunuh beberapa bakteri, namun hal itu mungkin akan merusak sikat gigi Anda.

Kapan Waktu Untuk Mengganti sikat gigi Anda

Cara terbaik untuk membatasi bakteri pada sikat gigi Anda adalah untuk menggantinya secara teratur. Para dokter merekomendasikan untuk mengganti sikat gigi Anda setiap tiga sampai empat bulan. Jika bulu rusak, terasa sakit saat menyikat, atau Anda memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, gantilah sikat gigi anda lebih sering.

Bakteri ini merupakan penyebab penyakit gusi, pembusukan, bau mulut dan juga berbagai jenis Penyakit Yang Menyerang Mulut lainnya. Pastikan Anda menyikat gigi dan flossing sesering mungkin untuk menghilangkan beberapa bakteri. Membilas mulut Anda dengan obat kumur antibakteri sebelum atau setelah menggosok juga dapat membantu mengurangi plak bakteri penyebab yang dapat menyebabkan radang gusi yang merupakan bentuk awal ringan penyakit gusi dan gangguan mulut lainnya..

0 komentar em “Fakta Buruk Tentang Bakteri Pada Sikat Gigi”

Posting Komentar