Warung Bebas

Selasa, 31 Juli 2012

Cara Mudah Menyembuhkan Hidung Mampet

Cara Mudah Menyembuhkan Hidung Mampet
Cara Mudah Menyembuhkan Hidung Mampet - Saat musim dingin atau juga pergantian musim, bagi yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah, tak jarang mereka mengalami gangguan kesehatan terutama influenza. Dan ini berdampak pada seringnya mengalami penyempitan sinus yang berdampak terjadinya hidung mampet. Mampetnya saluran pernapasan ini membuat orang kesulitan bernapas dan ini menjadi salah satu Penyebab Gangguan Kesulitan Tidur. Untuk mengatasi hal ini terjadi, sebuah cara tradisional yang sudah dilakukan turun temurun yaitu cukup dengan larutan air garam yang bisa anda buat sendiri.

Pada kesempatan kali ini, kenzoo mencoba share tentang tips kesehatan alami dalam mengatasi permasalahan hidung mampet dengan menggunakan larutan air garam. Selama ini banyak orang yang mengalami hidung mampet mengatasinya dengan semprotan hidung, namun obat ini tidak bisa digunakan untuk semua orang dan ada beberapa risiko kesehatan karena meminum obat tertentu, terutama obat semprotan hidung. Gangguan sinus banyak berdampak pada kesehatan saluran pernapasan. salah satunya pada hidung mampet. Penyakit yang satu ini sering ditandai dengan gejala rasa sakit di kening atau di antara mata, sakit di gigi bagian atas serta wajah terasa penuh dan berat.

Untuk mengatasi gangguan hidung tersumbat, cara tradisional dan alami yang paling aman dan mudah adalah dengan menggunakan larutan air garam. Dengan segelas air dan sedikit garam, larutan ini bisa menyembuhkan hidung tersumbat dengan mengaliri sinus yang bermasalah. Cara ini cukup mudah dan tidak merepotkan dan sudah banyak dilakukan oleh orang orang dahulu. Bisa dikatakan ini merupakan rahasia nenek moyang. 

Para ahli THT mengatakan bahwa sinus merupakan rongga pada tulang disekitar hidung. Rongga rongga tersebut terus menerus menghasilkan lendir yang dialirkan ke hidung. Gangguan aliran lendir karena berbagai sebab akan menyebabkan penumpukan lendir di rongga sinus. Pada kasus tertentu akan menyebabkan hidung tersumbat dan mengalami kesulitan dalam bernapas melalui hidung.

Bagi penderita sinus permanen dan bukan karena influenza, sinus akan sering kambuh jika ada pemicunya. Salah satu makanan yang perlu dihindari bagi penderita ini adalah keju dan susu. Apalagi jika diketahui sinus lega setelah mengkonsumsi susu, maka konsumsi susu dan segala jenis turunannya harus dihentikan.

Disamping asupan makanan, gangguan sinus juga bisa terjadi dari berbagai banyak faktor seperti pengaruh lingkungan. Contohnya debu yang tebal, suhu udara yang terlalu dingin dan juga mungkin karena akibat kecelakaan yang mengakibatkan penyempitan sinus.

Selain dengan larutan garam tersebut, cara lain untuk mengatasi gangguan hidung tersumbat juga bisa dilakukan dengan menghirup zat aromatik misalnya mentol dan minyak kayu putih. Cukup dekatkan zat tersebut dibawah hidung dan kemudian dihirup. Zat ini akan membantu melonggarkan sinus. 

Nah, demikian tadi tips kesehatan pada posting kali ini tentang Cara Mudah Menyembuhkan Hidung Mampet yang bisa kenzoo share buat para sahabat. Semoga bermanfaat.

0 komentar em “Cara Mudah Menyembuhkan Hidung Mampet”

Posting Komentar