Warung Bebas

Jumat, 08 Juni 2012

Mitos dan Fakta Tentang HIV

Mitos dan Fakta Tentang HIVMitos dan Fakta Tentang HIV - HIV atau Human immunodeficiency virus adalah virus yang menghancurkan sel CD4 kekebalan tubuh yang membantu melawan penyakit. Orang yang mengidap atau terjangkit virus ini akan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh yang dimilikinya. Dalam Tips kesehatan berikut ini kenzoo mencoba bagikan beberapa hal tentang HIV yang selama ini menjadi salah satu jenis penyakit yang mengerikan.

Memiliki HIV Berarti Anda Memiliki AIDS
Mitos : Orang yang mengidap HIV dipastikan akan terjangkit virus yang mematikan yaitu AIDS. Dengan obat yang tepat, Anda dapat menjalani kehidupan dengan memiliki HIV selama bertahun-tahun atau puluhan tahun tanpa HIV yang akan berkembang menjadi AIDS. AIDS (acquired immunodeficiency syndrome) akan terjadi jika didiagnosis Anda memiliki HIV serta infeksi oportunistik tertentu atau jumlah CD4 turun di bawah 200.

HIV Menular Dari Tukeran Baju
Fakta. Anda tidak dapat tertular atau menularkan penyebaran HIV dari memeluk seseorang, dengan menggunakan handuk yang sama, atau berbagi gelas yang sama. Namun, Anda dapat menyebarkan penyakit dengan menjalani seks tanpa kondom (baca : 10 cara menggunakan kondom yang baik dan benar), berbagi jarum, atau mendapatkan tato dari peralatan yang tidak steril, dan juga transfusi darah

Anda Memiliki beberapa tahun bertahan Hidup
Mitos : Semua orang dengan HIV mengalami secara berbeda. Beberapa orang dengan HIV mungkin akan berkembang menjadi AIDS dalam beberapa bulan sebagai virus dengan cepat melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka. Banyak orang lain bisa hidup selama puluhan tahun dengan HIV dan memiliki harapan hidup normal. Anda dapat membantu mencegah HIV berkembang menjadi AIDS oleh dokter secara teratur dan mengikuti rekomendasi dokter Anda.

Anda akan Tahu Anda Memiliki HIV Karena Gejala Anda
Mitos : Beberapa orang tidak menunjukkan tanda-tanda HIV selama bertahun-tahun setelah terinfeksi. Banyak yang memiliki beberapa gejala dalam waktu 10 hari atau beberapa minggu setelah infeksi. Gejala pertama mirip dengan flu atau mononukleosis dan mungkin termasuk demam, kelelahan, ruam, dan sakit tenggorokan. Mereka biasanya hilang setelah beberapa minggu dan Anda mungkin tidak memiliki gejala lagi selama beberapa tahun. Satu-satunya cara untuk memberitahu Anda terkena HIV adalah dengan uji laborat.

HIV Bisa Sembuh
Mitos : Tidak ada obat untuk HIV, tetapi pengobatan dapat mencegah virus tingkat rendah dan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Beberapa obat HIV diperlukan untuk menghambat virus yang memasuki atau memasukkan materi genetik ke dalam sel kekebalan tubuh. Dokter akan mempertimbangkan kesehatan umum Anda, kesehatan sistem kekebalan Anda, dan jumlah virus dalam tubuh Anda untuk memutuskan kapan harus memulai pengobatan.

Siapa pun Bisa Terkena HIV
Fakta. Sekitar 56.000 orang di AS tertular HIV setiap tahun, dan 18.000 orang dengan AIDS meninggal setiap tahun. Siapapun bisa mendapatkan HIV - pria, wanita, dan anak-anak, orang yang gay. Pria yang berhubungan seks dengan laki-laki membuat lebih dari setengah (53%) infeksi HIV baru setiap tahun. Perempuan ikut andil untuk 27% dari infeksi baru, dan anak-anak 13%. Afrika-Amerika membuat hampir setengah dari semua infeksi HIV baru setiap tahun.

Apakah Seks Aman Saat Kedua Mitra mengidap HIV
Mitos : Hanya karena Anda dan pasangan Anda keduanya memiliki HIV, tidak berarti Anda harus melupakan tentang perlindungan ketika Anda berhubungan seks. Menggunakan kondom lateks atau penghalang lain dapat membantu melindungi Anda dari penyakit menular seksual lainnya serta jenis lain HIV, yang mungkin resisten terhadap obat anti HIV. Bahkan jika Anda sedang dirawat dan merasa baik Anda tetap bisa menulari orang lain.

Anda Bisa Memiliki Bayi Meskipun Anda HIV-Positif
Fakta : Ibu yang terinfeksi memang bisa menularkan HIV kepada bayinya selama kehamilan atau persalinan. Namun, Anda dapat menurunkan risiko dengan bekerja sama dengan dokter dan mendapatkan perawatan yang tepat dan pengobatan. Wanita hamil dengan HIV dapat mengambil obat untuk mengobati infeksi dan melindungi bayi mereka terhadap virus. Namun ini dibutuhkan tingkat pengawasan dan perlindungan yang extra besar.

Anda Tidak Bisa Hindari HIV Lain-Terkait Infeksi
Fakta : Karena sistem kekebalan yang lemah, orang dengan HIV dapat menjadi rentan terhadap infeksi seperti pneumonia pneumosistis, tuberkulosis, kandidiasis, cytomegalovirus, dan toksoplasmosis. Cara terbaik untuk mengurangi risiko Anda untuk terus mengkonsumsi obat HIV. Beberapa infeksi dapat dicegah dengan obat. Anda dapat mengurangi eksposur Anda ke beberapa kuman dengan menghindari daging yang kurang matang, kotak sampah, dan air yang mungkin terkontaminasi.

Untuk Tips kesehatan yang paling aman agar tidak terjangkit virus HIV adalah, Hindari Sexs bebas, Gunakan kondom, gunakan jarum suntik yang steril dan jalani hidup dengan pola hidup sehat. Demikian tadi sedikit ulasan tentang Mitos dan Fakta Tentang HIV yang bisa kenzoo share pada posting kali ini. Semoga bermanfaat.

0 komentar em “Mitos dan Fakta Tentang HIV”

Poskan Komentar