Warung Bebas

Rabu, 13 Juni 2012

Cara Merawat dan Menggunakan Contack Lense

Cara Merawat dan Menggunakan Contack Lense
Cara Merawat dan Menggunakan Contack Lense - Lensa Kontak atau yang lebih populair dengan sebitan contack lense saat ini bukan merupakan barang yang mewah lagi. Banyak para kalangan muda terutama wanita yang menggunakan bahkan hanya sekedar untuk mengikuti trend. Banyak juga toko toko yang menjual kontak lens dengan harga yang cukup terjangkau. Nah, jika dalam tips kesehatan pada posting sebelumnya kenzoo share tentang 7 Keajaiban Dari Menangis maka pada posting kali ini kenzoo mencoba hadirkan tentang cara merawat kontak lens untuk memperpanjang umur lensa kontak Anda, dan melindungi keselamatan dan kesehatan mata Anda.

  1. Selalu cuci tangan Anda dengan air hangat dan sabun sebelum memegang lensa kontak atau sebelum menyentuh mata. Setiap residu dari lotion, sabun, atau bahan kimia dapat menempel pada lensa kontak, menyebabkan nyeri, iritasi, atau penglihatan kabur ketika mereka berada di mata. Keringkan tangan dengan handuk bersih.
  2. Pakailah lensa kontak yang diresepkan. Dokter mata Anda akan merekomendasikan jadwal mengenakan khusus untuk jenis lensa kontak yang Anda pilih. Hanya gunakan lensa kontak untuk waktu yang disarankan.
  3. Bersihkan dan disinfeksi lensa kontak seperti yang ditentukan. Berbagai jenis lensa kontak memerlukan perawatan khusus. Selalu gunakan produk perawatan mata yang direkomendasikan oleh dokter mata Anda. Beberapa Produk tetes mata tidak aman untuk pemakai lensa kontak.
  4. Bersihkan lensa kontak Anda setelah setiap penggunaan dengan baik menggunakan air yang steril atau air panas dan biarkan di udara kering.
  5. Jangan pernah menggunakan air biasa langsung pada lensa kontak. Mikroorganisme bisa hidup di air yang bisa menyebabkan infeksi atau kerusakan penglihatan.
  6. Bersihkan lensa kontak Anda dengan menggosok secara lembut dengan jari telunjuk di telapak tangan Anda. Solusi terbaik memungkinkan Anda untuk membilas lensa kontak Anda tanpa menggosoknya.
  7. Jika Anda mengalami iritasi mata, lepaskanlah lensa kontak Anda dan hentikan penggunaan sampai Anda berbicara dengan dokter mata Anda. Mengenakan sepasang lensa kontak terkontaminasi akan mengundang infeksi tetap. Setelah melanjutkan penggunaan lensa kontak, selalu ikuti petunjuk dokter untuk membantu mencegah infeksi mata.
  8. Jangan pernah memakai lensa kontak orang lain, terutama jika mereka telah dipakai sebelumnya. Menggunakan lensa kontak orang lain dapat menyebarkan infeksi atau partikel dari mata mereka dengan Anda.
  9. Memakai lensa kontak dapat menyebabkan mata anda menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Kenakan kacamata hitam dengan perlindungan UV total dan / atau topi pinggiran lebar ketika di bawah sinar matahari.
  10. Untuk menjaga mata tidak kering, gunakan larutan produk pembasahan atau larutan garam biasa.
  11. Jangan tidur dengan lensa kontak di mata Anda kecuali Anda dianjurkan oleh dokter. Ketika  mata tertutup, air mata tidak bisa membawa sejumlah oksigen yang sehat ke mata.
  12. Temui dokter Anda setiap tahun untuk memeriksa lensa kontak Anda.
  13. Kunjungi dokter mata Anda segera jika Anda memiliki kehilangan penglihatan tiba-tiba, penglihatan kabur, kilatan cahaya, sakit mata, infeksi, pembengkakan, kemerahan yang tidak biasa, atau iritasi.
  14. Jika Anda tanpa sengaja memasukkan kontak dalam ke luar, mereka tidak dapat merusak mata, tetapi mereka akan menjadi tidak nyaman. Untuk menghindari hal ini, tempatkan kontak pada ujung jari Anda sehingga terbentuk cangkir. Lihatlah lensa kontak dari samping. Jika cangkir terlihat seperti itu melebar keluar di bagian atas dan memiliki bibir, lensa kontak dalam ke luar. Jika ia tampak seperti huruf "U", lensa kontak yang benar sisi keluar.
  15. Jika Anda berpikir Anda akan memiliki kesulitan mengingat kapan harus mengganti lensa kontak Anda, tanyakan pada dokter mata Anda jika ia memiliki grafik untuk pasien untuk melacak jadwal penggunaan. Jika dokter Anda tidak memilikinya, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membuat sendiri jadwal tersebut sebelum penggunaan.
  16. Lepaskan lensa kontak sebelum memakai make up untuk menghindari kontaminasi lensa. Ketika menghapus makeup Anda yakin bahwa untuk mencuci dan mengeringkan tangan Anda. Setelah Anda melakukan ini, lepaskanlah lensa kontak Anda dan kemudian menghapus riasan.
  17. Jangan biarkan ujung botol spembersih menyentuh permukaan lainnya, termasuk jari-jari, mata atau lensa kontak. Karena ini dapat terkontaminasi.
Nah itulah tadi tips dan trik yang bisa kenzoo share pada posting kali ini tentang Cara Merawat dan Menggunakan Contack Lense agar lebih awet dan terhindar dari iritasi. Semoga bermanfaat.

0 komentar em “Cara Merawat dan Menggunakan Contack Lense”

Poskan Komentar