Warung Bebas

Rabu, 30 Mei 2012

Mengatasi Pinalty dari Google Pinguin

Mengatasi Pinalty dari Google Pinguin
Pahitnya Terpenjara Google Sandbox - Mungkin ini adalah pengalaman yang paling menyakitkan yang dialami oleh semua sahabat blogger. Tak terkecuali kenzoo sendiri yang saat ini sedang terpenjara di google sandbox. Entah sebenarnya kesalahan apa yang sudah kenzoo lakukan, namun tiba-tiba tanpa pemberitahuan dari google, blog yang kenzoo rawat hilang dari halaman depan google search. Setelah cek sana sini, dan terakhir cek dengan google sandbox checker, baru ketahuan kalau blog kenzoo masuk google sandbox. Dan setelah dilakukan pengecekandi google webmaster ternyata ditemukan duplikat meta discription. Dan inilah yang menurut saya kenapa kenzoo tak muncul dihalaman depan google search lagi.

Google Sandbox merupakan suatu keadaan di mana sebuah situs atau blog yang telah didaftarkan ke mesin pencari hilang dari peredaran SERP (Search Engine Result Pages) Google. Atau lebih akrab disebut oleh para webmaster dengan penjara Google. Biasanya situs yang terkena efek ini adalah yang umurnya masih muda, namun tidak menutup kemungkinan bagi situs yang mempunyai ranking bagus di Google juga terkena efek Google Sandbox.

Adapun beberapa alasan kenapa blog masuk google sandbox

Duplikat Konten. Apabila Anda mempunyai banyak duplikat konten dengan blog yang di luaran, maka Google akan memberikan hukuman berupa rangking yang rendah atau bahkan blog Anda bisa langsung dibanned.

Cloaking dan Redirect. Cloaking merupakan tindakan yang tidak terpuji dan sangat tidak disukai oleh search engine. Teknik cloaking merupakan teknik membuat halaman web yang tidak berarti namun memiliki banyak keyword yang disesuaikan dengan niche yang ditembak. Dari link yang ada di web tersebut akan diredirect ke halaman web yang dituju. Beberapa black hat blogger suka menggunakan cara ini dikarenakan search engine kurang efektif dalam mendeteksi halaman cloaking. Namun, resikonya, jika Anda ketahuan maka Google langsung membanned halaman blog Anda tanpa pandang bulu.

Teks dan Link Tersembunyi. Teks dan link tersembungi (biasanya berupa keyword niche) bisa disisipkan namun tidak bisa dibaca oleh mata manusia ke dalam halaman web atau blog. Secara teori hal ini akan meningkatkan peringkat sebuah web atau blog. Namun teknik ini merupakan sebuah tindak kecurangan. Dewasa ini, search engine menjadi semakin pintar untuk mendeteksi teks dan link tersembunyi dan tidak segan-segan untuk langsung memberikan hukuman banned.

Keyword Spamming. Keyword spamming merupakan teknik meletakkan keyword sebanyak mungkin di meta tag dan body text. Biasanya keyword spamming memasukkan keyword-keyword yang tidak ada hubungannya dengan niche blog. Namun jika search engine spider mendeteksinya, Anda dalam masalah besar.

Broken Link. Dengan banyaknya link yang menuju blog Anda, maka rangking blog Anda akan semakin besar. Namun Anda harus berhati-hati dengan hal ini. Jangan bergabung dengan layanan link farm untuk memperbanyak link. Pastikan pula bahwa link di blog Anda tidak ada yang broken. Jangan menaruh link yang menuju ke blog yang dibanned atau blog-blog yang diblack list oleh Google di blog Anda.

Jangan Percaya Software-software Otomatis. Penggunaan software-software yang menawarkan jasa memperbanyak link atau menggenerate halaman secara otomatis hanya akan membuahkan banned oleh Google. Hal itu merupakan hal yang ilegal dalam search engine optimization

Dan untuk mengatasi hal tersebut kenzoo mencoba googling dan menemukan cara untuk keluar dari masalah ini. Dan cara yang harus dilakukan adalah pembenahan pada beberapa artikel untuk meminimalisir penggunaan link pada content post agar memenuhi standart yang diberikan oleh google. Langkah selanjutnya adalah mengirimkan Feedback ke google. Setelah itu berdoa sambil nunggu pemberitahuan dan tindak lanjut dari google.

0 komentar em “Mengatasi Pinalty dari Google Pinguin”

Poskan Komentar