Warung Bebas

Kamis, 31 Mei 2012

Contoh Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari

Inilah Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari - Sinar matahari sangatlah diperlukan dalam kehidupan di Bumi ini. Semua yang ada di alam semesta membutuhkan sinar matahari untuk menjalankan roda kehidupan masing masing. Terutama bagi manusia, matahari sangatlah penting untuk kehidupan sehari hari dan juga bagi kesehatan. Namun, dibalik semua itu, ada dampak buruk sinar matahari terutama bagi yang menyukai dengan keindahan dan kecantikan kulit. Jika dalam artikel Tips kesehatan sebelumnya kenzoo pernah hadirkan Cara Tradisional agar kulit putih mulus, maka dalam posting kali ini tentang beberapa kasus kerusakan kulit akibat sinar matahari.


Silahkan Turunkan scroll untuk membaca lebih lengkap..!!


Sisi Gelap Sinar Matahari
Berjemur di sinar hangat matahari dapat membuat kita merasa baik, dan dalam jangka pendek, membuat kita terlihat baik. Tapi pengaruh kumulatif dari paparan sinar matahari menempatkan kita pada risiko tinggi kerusakan sel, kerutan dini, bintik-bintik usia, keratosis actinic, dan kanker kulit - termasuk melanoma, jenis yang paling serius. Dapatkah Anda melihat efek paparan sinar matahari yang berlebihan?

Kerusakan Kulit Akibat UV - Kenzoo


Warna coklat karena berjemur
Kulit disamak dapat dikatakan sebagai sesuatu yang indah, tetapi warna keemasan yang Anda lihat adalah hasil dari luka pada epidermis, lapisan atas kulit. Paparan (UV) sinar ultraviolet matahari mempercepat efek penuaan dan meningkatkan resiko anda untuk terkena kanker kulit. Untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari, gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi ketika di luar rumah.

Kerusakan Kulit Akibat UV - Kenzoo


Sunburn
Sunburn adalah kerusakan kulit dari sinar UV matahari. Kebanyakan sunburns mengakibatkan kemerahan, bila disentuh terasa panas, dan nyeri ringan, berpengaruh hanya pada lapisan luar kulit (luka bakar tingkat pertama). Sunburn biasanya muncul beberapa jam setelah paparan sinar matahari dan dapat berlangsung beberapa hari. Kompresan air dingin dingin, atau krim pelembab dapat membantu mengurangi rasa sakit dan ketidak nyamanan ini.

Kerusakan Kulit Akibat UV - Kenzoo


Sunburn (tingkat II)
Merusak lapisan kulit yang dalam dan ujung syaraf - biasanya lebih sakit dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyembuhkan. Ini ditandai dengan kemerahan, pembengkakan, dan terik. Jika mulai melepuh, gunakan krim pelembab sebagai sumber kelembaban dan perlindungan dari lecet yang dapat menyebabkan infeksi. Periksakan ke dokter jika hal ini terjadi.


Kerusakan Kulit Akibat UV - Kenzoo


Keriput
Sinar matahari membuat kulit terlihat tua dan keriput sebelum waktu yang seharusnya. Lebih dari 80% dari tanda-tanda penuaan kulit pada orang dewasa adalah hasil dari tan mereka sebagai remaja sebelum usia 18. Itu karena dari waktu ke waktu, kerusakan akibat cahaya ultraviolet matahari pada serat di kulit yang disebut elastin. Ketika kerusakan serat, kulit mulai melorot, meregang, dan kehilangan kemampuannya untuk kembali ke tempatnya setelah peregangan.

Kerusakan Kulit Akibat UV - Kenzoo

Warna Kulit Tidak merata
Terlalu banyak sinar matahari juga menyebabkan pewarnaan teratur atau pigmentasi kulit. Beberapa area kulit terlihat lebih gelap, sementara yang lain terlihat lebih terang. Matahari juga dapat menyebabkan perubahan permanen pada pembuluh darah kecil yang berdampak kemerahan pada penampilan kulit. 

Kerusakan Kulit Akibat UV - Kenzoo


Bintik-bintik
Bintik-bintik pigmen pada kulit biasanya ditemukan pada matahari terpajan area tubuh. Mereka lebih terlihat di musim panas, terutama di kalangan orang berkulit putih dan mereka dengan rambut terang atau merah. Bintik-bintik tidak menimbulkan risiko kesehatan. Tetapi beberapa kanker pada tahap awal menyerupai sebuah bintik. Kunjungi dokter jika ukuran, bentuk, atau warna berubah atau menjadi hal yang menyakitkan.

s7


Melasma (Masker Kehamilan)
Melasma (chloasma ) ditandai dengan bercak cokelat atau cokelat pada, hidung pipi, dahi dan dagu. Meskipun biasanya disebut "topeng kehamilan," pria juga bisa mengalami hal ini. Melasma dapat hilang setelah kehamilan. Jika berlanjut, melasma dapat diobati dengan krim resep. Gunakan tabir surya setiap saat jika Anda memiliki melasma, karena sinar matahari memperburuk kondisi tersebut.

s8


Spots Umur  (lentigines Surya)
Bintik-bintik abu-abu atau coklat ini tidak benar-benar disebabkan oleh penuaan, meskipun mereka muncul saat usia bertambah. Bintik-bintik penuaan adalah hasil dari paparan sinar matahari, itulah sebabnya mereka cenderung muncul pada area yang mendapatkan banyak sinar matahari, seperti wajah, tangan, dan dada. Krim pemutih, kulit asam, dan berbasis cahaya pengobatan dapat mengurangi penampilan hal ini. Lentigines surya tidak berbahaya, tetapi untuk mengesampingkan kondisi kulit yang serius seperti melanoma, konsultasikan ke dokter kulit untuk identifikasi yang tepat.

s9


Actinic keratosis (Solar Keratosis)
Kecil bersisik merah, coklat, atau kulit berwarna patch akibat paparan sinar matahari terlalu banyak sering terjadi pada leher, kepala atau tangan, tetapi dapat ditemukan di tempat lain pada tubuh. Mereka adalah awal awal dari kanker kulit. Actinic keratosis biasanya muncul pada orang-orang setelah usia 40 tahun, tetapi mereka dapat muncul pada orang yang jauh lebih muda. Orang berkulit putih, rambut pirang atau merah, dan mata biru atau hijau adalah yang paling berisiko. Pengobatan dini disarankan untuk menghentikan perkembangan permasalahan ini. 

s10


Actinic Cheilitis (Bibir kering)
Terkait dengan actinic keratosis, actinic cheilitis adalah kondisi prakanker yang biasanya muncul di bibir bawah. Patch bersisik atau kekeringan yang gigih dan cracking dari bibir mungkin ada. Gejala yang kurang umum termasuk pembengkakan pada bibir, hilangnya perbatasan tajam antara bibir dan kulit, dan garis bibir yang menonjol. Actinic cheilitis pada akhirnya dapat berkembang menjadi karsinoma sel skuamosa invasif jika tidak diobati.

s11


Karsinoma Sel Skuamosa
Ini kanker kulit non-melanoma dapat muncul sebagai nodul perusahaan merah, pertumbuhan bersisik yang berdarah atau mengembangkan kerak, atau luka yang tidak sembuh-sembuh. Ini paling sering terjadi pada dahi, hidung, telinga, bibir bawah, tangan, dan daerah terkena sinar matahari lain dari tubuh. Karsinoma sel skuamosa dapat disembuhkan jika tertangkap dan diobati dini. Jika kanker kulit menjadi lebih maju, pengobatan akan tergantung pada stadium kanker.

s12


Penyakit Bowen
Bowen penyakit ini juga disebut karsinoma sel skuamosa. Ini adalah jenis kanker kulit yang terletak di permukaan kulit. Sebaliknya, karsinoma skuamosa "invasif" sel tumbuh ke dalam dan menyebar ke bagian dalam tubuh. Bowen penyakit tampak seperti bersisikdan kemerahan.

s13


Basal Karsinoma Sel
Bentuk yang paling umum kanker kulit, karsinoma sel basal adalah yang paling mudah diobati dan paling tidak mungkin menyebar, meskipun dapat merusak jaringan di sekitarnya. Karena karsinoma sel basal menyebar perlahan-lahan itu sebagian besar terjadi pada orang dewasa. Tumor sel basal dapat mengambil berbagai bentuk, termasuk benjolan mutiara putih atau lilin, seringkali dengan pembuluh darah terlihat, pada telinga, leher, atau wajah. Tumor juga dapat muncul sebagai tambahan, kulit bersisik, daging berwarna atau cokelat di bagian belakang atau dada, atau lebih jarang, bekas luka, putih berlilin.
   

s14


Melanoma
Melanoma adalah tidak biasa seperti jenis lain kanker kulit, tapi yang paling serius dan berpotensi mematikan. Tanda-tanda kemungkinan melanoma termasuk perubahan dalam penampilan area mol atau berpigmen. Konsultasikan dengan dokter jika perubahan tahi lalat dalam ukuran, bentuk, atau warna, memiliki pinggiran yang tidak teratur, lebih dari satu warna, asimetris, atau gatal, merembes, atau berdarah. Melanoma dapat mempengaruhi kulit saja, atau mungkin menyebar ke organ dan tulang. Hal ini dapat disembuhkan jika itu ditemukan dan diobati dini.

s15


Katarak
Katarak adalah daerah berawan di lensa mata yang menghalangi perjalanan cahaya ke retina. Katarak tidak menimbulkan rasa sakit tetapi dapat menyebabkan masalah penglihatan, termasuk penglihatan berkabut, silau dari cahaya, dan penglihatan ganda pada salah satu mata. Gunakanlah topi dan kacamata hitam saat di bawah sinar matahari untuk  mencegah katarak.

s16


Shun Matahari
Cara terbaik untuk mencegah kulit terbakar, keriput dini, kanker kulit, dan efek merusak lainnya dari matahari adalah menghindari sinar tersebut, terutama pada jam 10:00-4:00. Jika Anda tidak dapat, oleskan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih liberal (jangan lupa bibir dan telinga!), Memakai topi dan kacamata hitam, dan menutupi dengan pakaian panjang ketika di luar rumah. 


s17



Nah, itulah info untuk anda kali ini tentang  Contoh Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari yang bisa kenzoo share pada posting kali ini. Semoga bermanfaat.

0 komentar em “Contoh Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari”

Posting Komentar