Warung Bebas

Kamis, 19 April 2012

Dampak Perceraian Orang Tua Bagi Anak

Dampak Perceraian Orang Tua Bagi Anak - Ada banyak efek perceraian yang merusak banyak kehidupan . Hubungan keluarga terlarut tidak hanya mengubah kehidupan dua mitra tetapi juga anak-anak mereka. Hubungan keluarga yang berantakan, terutama efek dari perceraian serius tercermin dalam kepribadian seorang anak. Mereka memiliki pengaruh yang mendalam pada jiwa anak-anak yang rapuh . Ketika orang tua bercerai, anak-anak mereka mengalami masalah penyesuaian banyak dan kehidupan mereka berbeda dengan anak yang hidup dalam keluarga bahagia. Dampak perceraian dapat dilihat dalam kehidupan mereka sebagai ciri kepribadian anak-anak ini mengungkapkan rasa sakit yang telah mereka alami.

Ada banyak efek perceraian yang menyebabkan banyak penderitaan untuk anak-anak  . Tidak seperti keluarga utuh, anak-anak hidup dengan orangtua tunggal kurang dimanjakan dan tanggung jawab yang tinggi ditempatkan pada bahu mereka pada usia dini. Seringkali anak-anak ini serius dan tegas oleh alam dan kurangnya menyenangkan dalam hidup.

Juga sebagai akibat dari perceraian, anak-anak ini kehilangan sumber daya ekonomi dan hubungan keluarga semakin menipis, kualitas hidup mereka memburuk. Penghasilan orang tua tunggal mungkin tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan anak. Sebuah efek yang nyata dari perceraian adalah bahwa karena keluarnya salah satu dari anggota keluarga dan status keluarga mungkin akan  turun drastis. Selain itu,hubungan keluarga yang berantakan menyebabkan stres alami. Dampak perceraian pada anak tergantung pada jenis kelamin, usia dan temperamen. Pendikan dan Perawatan Pada Anak juga akan menurun pastinya.

Jika anak-anak terlalu muda, mereka dapat menyesuaikan diri dengan perubahan dan terbiasa dengan kehidupan baru mereka, tetapi pada masa remaja, anak-anak menjadi sulit untuk menangani. Mereka kehilangan hubungan keluarga besar mereka dan dari sumber ajaran dan pengetahuan. Sebagai akibat dari perceraian mereka mungkin tertekan dan merasa sedih dalam lingkaran sosial mereka. Orang tua harus memberikan dukungan fisik dan psikologis untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan baru mereka.

Orang tua tunggal juga mungkin kehilangan kontrol orang tua sebagai akibat dari perceraian atau pemisahan. Anak-anak mungkin kehilangan minat mereka dalam keluarga, menjadi menjengkelkan dan agresif. Jika anak-anak yang terkena amukan dan kritik yang merusak hubungan keluarga, mereka mungkin berhenti menghormati orang tua. Efek lain dari perceraian adalah bahwa teman dan anggota keluarga besar sering bermain game menyalahkan yang merusak jiwa anak.

Sedikit ulasan tentang Dampak Perceraian Orang Tua Bagi Anak. Semoga bermanfaat.

0 komentar em “Dampak Perceraian Orang Tua Bagi Anak”

Poskan Komentar