Warung Bebas

Selasa, 24 April 2012

Cara Menghindari Kejang Otot atau Kram

Cara Menghindari Kejang Otot atau Kram - Kejang otot atau juga bisa di sebut dengan Kram Otot adalah proses terjadinya kontraksi otot yang disebabkan oleh gerakan secara mendadak atau tiba tiba. Hal ini mengakibatkan rasa nyeri yang luar biasa sakit. Untuk itu sangatlah penting untuk belajar mengetahui sebab akibatnya dari hal tersebut, karena kram otot yang kronis ini bisa mengakibatkan masalah yang sangat serius. 

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya kejang otot diantaranya adalah dan beberapa tips untuk menhindarinya :

Efek samping Obat.
Kejang otot bisa terjadi karena pengaruh atau efek samping dari obat yang sedang anda minum atau sedang anda  konsumsi. Sebaiknya periksa dan cek literatur apakah obat yang anda minum mempunyai kandungan yang bisa mengakibatkan kejang otot. Sebaiknya tanyakan kedokter tentang obat yang diberikannya. karena penggunaan obat yang terus menerus juga bisa mengakibatkan gangguan ginjal. Baca juga : Asam Urat Bisa Mengakibatkan Gangguan Ginjal

Kurangnya Aktifitas
Dampak dari kurangnya aktifitas bisa menjadi salah satu penyebab kejang otot.  Aktivitas yang sibuk dan sering menggunakan otot fisik sangat berpengaruh dalam kesehatan anda untuk menghindari terjadinya kejang otot. Sebaiknya lakukan olah raga ringan secara rutin. Karena otot yang kurang aktif sangat memicu terjadinya kejang otot.

Hiperaktif
Disatu sisi, Otot yang terlalu sering digunakan juga bisa mempengaruhi kejang otot. Anda tidak diharuskan untuk bersikap malas namun juga tidak bersikap hiperaktiv.Karena otott yang terlalu banyak digunakan juga bisa mengakibatkan cidera. Sebaiknya seperti yang saya sebutkan tadi, Gunakan untuk melakukan olah raga ringan dan teratur juga rutin.

Air Mineral.
Kekurangan zat air juga manjadi salah satu faktor yang memicu terjadinya kejang otot. Minum air mineral yang banyak akan sangat membantu menghindari kejang otot terjadi pada tubuh anda. Karena air yang anda minum bisa menjaga kestabilan elektrolit dalam tubuh.

Pemanasan
Lakukan pemanasan atau peregangan otot ketika anda akan melakukan aktivitas, terutama jika anda akan berolah raga. Hal ini sangat penting untuk menghindari kram otot ataupun juga cidera yang mengancam saat otot anda beraktivitas.

Jaga Tetap Hangat
Saat selesai melakukan olah raga, sangat dianjurkan untuk segera menutup tubuh anda agar panas tubuh anda tetap stabil. Hal ini untuk menghindari terjadinya pendinginan panas tubuh secara mendadak. Birkan tubuh anda terbungkus jaket untuk beberapa saat hingga otot otot kembali dingin secara perlaha.

Makanan Asam
Anda bisa menambahkan dalam menu makanan anda dengan beberapa makanan yang memiliki efek menghangatkan tubuh anda karena ini akan menjaga kelembapan tubuh dan menjaga otot tetap utuh. Selain itu anda juga bisa menambahkan beberapa makanan asam seperti acar.

Cara Menghindari Kejang Otot atau Kram sangatlah mudah untuk dilakukan selama anda bisa menjaga gaya hidup anda untuk tetap tampil aktif. Anda bisa menyimpan beberapa catatatan kecil untuk anda lakukan dalam rutinitas keseharian. Demikian tips sehat kali ini semoga bisa bermanfaat.

0 komentar em “Cara Menghindari Kejang Otot atau Kram”

Posting Komentar