Warung Bebas

Senin, 19 Maret 2012

Tips Sehat - Kurangnya Tidur Anak Memicu Obesitas

Tips Sehat - Kurangnya Tidur Anak Memicu Obesitas
Tips Sehat - Kurangnya Tidur Anak Memicu Obesitas - Info Terkini seputar Tips Kesehatan dari kenzoo mengulas masalah Kurangnya Tidur Anak Memicu Obesitas - Anak-anak di bawah lima tahun pada umumnya memerlukan paling tidak 11 jam tidur pada malam hari dan tidur siang Para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang kurang tidur pada usia dini mereka, beresiko lebih besar memiliki Body Mass Index yang lebih tinggi pada usia tujuh tahun.

Hasil riset yang dipublikasikan di situs BMJ meneliti 244 anak yang berumur antara tiga dan tujuh tahun menghasilkan kesepakatan bahwa tidur lebih banyak berkaitan dengan berat badan yang lebih rendah, yang bisa berdampak penting bagi kesehatan masyarakat.

Anak-anak yang diteliti itu ditimbang berat badan mereka setiap enam bulan sekali, tinggi badan dan jumlah lemak dalam tubuh atau Body Mass Index mereka diukur. Kebiasaan tidur mereka serta tingkat aktifitas fisik mereka juga direkam pada usia tiga, empat dan lima tahun.

Keterkaitan ini berlanjut bahkan ketika faktor-faktor resiko lainnya seperti jenis kelamin dan aktifitas fisik juga dimasukkan dalam penelitian mereka.Alasan-alasan yang diperkirakan menyebabkan keterkaitan ini adalah anak-anak menjadi punya waktu lebih banyak untuk makan dan tidur itu mengubah hormon-hormon yang mempengaruhi selera makan mereka.

Dalam analisis yang mendampingin hasil penelitian ini, Professor Fransesco Cappuccio dan Profesor Michelle Miller dari University of Warwick di Inggris mengatakan riset di masa mendatang harus "mengeksplorasi serta memvalidasikan metode yang baru yang terfokus pada perilaku, bukan obat, metode-metode memperpanjang waktu tidur anak-anak dan orang dewasa.

"Sementara ini tidak ada ruginya memberikan nasehat kepada orang bahwa kurang tidur pada malam hari secara terus menerus kemungkinan akan menganggu kesehatan orang dewasa dan anak-anak."

Dr Ian Maconochie dari Fakultas kesehatan anak-anak Inggris, Royal College of Paediatrics and Child Health mengatakan, "Anak-anak di bawah lima tahun pada umumnya memerlukan paling tidak 11 jam tidur pada malam hari dan tidur siang.

"Namun begitu, 20% anak-anak usia ini mengalami masalah tidur dan kita sudah tahu bahwa kurang tidur sangat berakibat pada kemampuan mengingat, memperhatikan, perilaku dan prestasi di sekolah. Hasil studi ini adalah tambahan pengetahuan yang sangat berguna soal pola tidur anak-anak."

Demikian Info Terkini yang kenzoo share buat Anda tentang Tips Sehat - Kurangnya Tidur Anak Memicu Obesitas kali ini. Semoga bisa bermanfaat.

Wonderfull to share with you

0 komentar em “Tips Sehat - Kurangnya Tidur Anak Memicu Obesitas”

Posting Komentar