Warung Bebas

Jumat, 23 Maret 2012

Tips Sehat Cara Mengobati Gigitan Serangga Tomcat

Tips Sehat Cara Mengobati Gigitan Serangga Tomcat - Bagi warga surabaya terutama daerah kenjeran dan Wonorejo mungkin tak asing lagi dengan serangga ini. Serangga yang mempunyai panjang tak lebih dari 1 cm ini telah menyerang daerah itu. Sebenarnya ada 12 jenis serangga jenis ini, namun di yakini yang menyerang daerah surabaya tersebut adalah jenis Paederus fasciatus. Demikian dikatakan oleh Hari Sutrisno seorang pakar ilmu Pengetahuan Indonesia.

Serangga ini dikatakan menyerang hanya untuk mempertahankan diri, jadi kemungkian serangga ini menyerang manusia karena mereka dianggap telah menggagu. Padahal serangga ini yang sebenarnya mengganggu.Ciri khas Paederus adalah kemampuan memproduksi toksin yang disebut paederin. Saat menyerang, serangga akan mengeluarkan toksin ini, persis seperti ular yang mengeluarkan bisa.
Toksin tersebut yang dikatakan bisa berdampak buruk bagi manusia. Akibat jika terserang serangga ini adalah dermatitis, dimana kulit melepuh seperti mengalami luka bakar dan mengeluarkan cairan.

Dikatakan bahwa racun serangga ini konsentrasinya 12 kali lebih besar dari bisa kobra. Namun demikian, Hari mengatakan bahwa racun serangga ini tak mematikan.
Menurut Hari, kumbang Paederus sebenarnya serangga yang menguntungkan bagi petani karena mampu membasmi wereng. Karenanya, serangga ini cukup dicegah kehadirannya, tak perlu dibasmi dengan pestisida kimia

Nah, Bagaimana untuk cara pengobatanya bagi yang sudah terserang gigitan serangga ini. Selama ini obat yang biasa digunakan adalah  salep hydrocortisone. Namun dikatakan obat ini sangat keras jadi tak bisa sembarangan. Saleb ini sebenarnya harus melalui resep dokter. Demikian dikatakan oleh Linda seorang ahli dari Dirjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Departemen

Dan Tips Sehat Cara Mengobati Gigitan Serangga Tomcat yang bisa dilakukan adalah :

  • Apabila Anda menemukan serangan ini jangan dipencet supaya racun tidak mengenai kulit. Masukkan serangga ini ke dalam plastik dengan hati-hati dan buang ke tempat yang aman.
  • Hindari terkena kumbang ini pada kulit terbuka.
  • Usahakan pintu selalu tertutup dan bila ada jendela sebaiknya diberi kawat nyamuk untuk mencegah kumbang ini masuk ke dalam rumah.
  • Sebaiknya tidur menggunakan kelambu jika memang di daerah yang Anda tinggali sedang dilanda serangan kumbang ini.
  • Bila mendapati serangga ini dalam jumlah yang banyak sebaiknya pada setiap lampu perlu diberi pelindung untuk mencegah kumbang ini jatuh ke manusia.
  • Apabila kumbang ini mengenai kulit, usahakan supaya Anda tidak menggosok kulit atau bagian mata.
  • Bila kumbang ini berada di kulit, singkirkan dengan hati-hati-hati, dengan meniup atau menggunakan kertas untuk mengambil kumbang dengan hati-hati.
  • Lakukan inspeksi ke dinding dan langit-langit dekat lampu sebelum tidur. Bila Anda menemukan kumbang ini segera matikan dengan menyemprotkan racun serangga, lalu singkirkan tanpa menyentuhnya.
  • Segera beri air mengalir dan sabuni kulit Anda yang bersentuhan dengan serangga ini.
  • Bersihkan lingkungan rumah, terutama tanaman yang tidak terawat yang ada di sekitar rumah yang bisa menjadi tempat atau sarang hidup kumbang ini.
Nah Demikian sedikit ulasan mengenai serangga Tomcat dan Tips Sehat Cara Mengobati Gigitan Serangga Tomcat. Semoga bisa bermanfaat buat anda. Silahkan Tinggalkan komentar anda atau klik tombol " suka" dibawah iini juka artikel ini menarik buat anda.
sumber : Berbagai sumber

Wonderfull to share with you

0 komentar em “Tips Sehat Cara Mengobati Gigitan Serangga Tomcat”

Posting Komentar