Warung Bebas

Rabu, 14 Maret 2012

Tips Mengendalikan Amarah

Tips Mengendalikan Amarah
Tips Mengendalikan Amarah - Bagi anda yang mudah marah, ada tips latihan sederhana untuk pengendalian diri. Yaitu sering menggunakan tangan yang keliru atau tidak dominan yang biasanya anda gunakan sehari-hari.

Artinya, bila anda biasa mengerjakan sesuatu dengan menggunkakan tangan kanan, coba latih tangan kiri anda untuk mengerjakannya.. Begitu pula sebaliknya, bila anda biasa menggunakan tangan kiri, biasakan pula dengan menggunakan tangan kidal anda. salah satu contoh apabila anda biasa mengendalikan mouse komputer dengan menggunakan tangan kanan, maka coba latihlah tangan kiri anda untuk menggunakannya. Setelah dua pekan, anda akan bisa mengendalikan amarah anda agar tidak meledak. Karena ketika amarah itu datang, biasanya apa yang dilakukan sudah diluar kendali sadarnya. Bahkan bisa berakibat buruk.

Menurut Dr.Thomas Denson dari university of new south wales, melatih pengendalian diri sama halnya dengan melatih ketrampilan main golf atau piano.
Dalam studi yang di muat di juirnal Curent direction in psycological sciens itu, orang yang mulai menggunakan tangan yang keliru atau non dominan dalam dua pekan akan lebih mampu mengendalikan amarah.

Dr. denson mengatakan " menggunakan tangan non dominan untuk mengendalikan mouse komputer, mengaduk kopi, membuka pintu membuat orang melatih pengendalian diri karena nalurinya ingin menngunakan tangan yang dominan.
Dr.Denson dan koleganya mengutip kesimpulan para kriminolog dan sosiolog yang menyebut kasus kekerasan terjadi karena adanya kesempatan dan kurangnya pengendalian diri.

Orang yang agresif pastinya ingin mengendalikan diri, tapi mereka kurang mampu. Cuba saja pasang monitor untuk melihat aktivitas mereka lalu hina mereka, maka baian otak mereka yang mengatur pengendalian pengendalian diri justru lebih aktif dibandingkan orang yang tidak agresif.

selain itu, ia juga memberi nasehat, pada awalnya latihan menggunakan tangan non dominan akan memancing emosi.

namun jika melatih terus dalam waktu yang lama, anda akan mempunyai kemampuan untuk mengendalikan diri. Ini semua seperti latihan pada semuanya di waktu awal. awalnya memang sulit. namun selanjutnya akan mudah. semuanya tergantung dari niat kita, jika kita ingin menjadi manusia yang lebih baik, maka tak ada yang tak mungkin jika memulainya dari sekarang.

Demikian Tips dan Trik dan Info kali ini seputar Tips Mengendalikan Amarah. Semoga bisa bermanfaat buat anda. Jika artikel ini menarik buat anda silahkan tinggalkan komentar atau klik tombol "suka" dibawah ini.

0 komentar em “Tips Mengendalikan Amarah”

Poskan Komentar