Warung Bebas

Selasa, 06 Maret 2012

Cara Mengatasi Laptop/PC yang Overheat


Semakin hari, semakin banyak pengguna internet. Semakin banyak pula warnet-warnet yang bermunculan. Dan tidak sedikit pula penjualan PC/Laptop yang terjual tiap harinya. Karena semakin hari perkembangan jaman terus meningkat.  Banyak juga diantara pembeli dan pengguna PC/Laptop yang asal memakai tanpa mengerti atau mengetahui cara penggunaan yang baik eperti apa. Akibatnya PC/Laptop sering digunakan seenaknya. Akibatnya PC/Laptop tersebut menjadi overhead. Panas yang berlebihan pada komputer dan laptop merupakan sebuah masalah yang tidak bisa dianggap remeh.Karena panas yang berlebihan bisa berakibat fatal, bisa mengakibatkan komponen-komponen yang ada didalam casing kepanasan, komputer sering hang, dan yang paling parah bisa membuat prosesor mati. Dalam kesempatan kali ini sobatpc.com akan sedikit sharing cara sederhana bagaimana cari mengatasi dan mengurangi panas yang berlebihan yang biasanya terjadi pada komputer rakitan maupun laptop.
Penyebab terjadi overheat adalah pada sistem pendinginan yang bermasalah, permasalahan pendinginan meliputi fan heatsink atau kisi-kisi pendingin yang bermasalah, berikut rincian yang dapat kita lakukan jika mengalami overheat pada PC atau pada laptop kita.
Overheat pada PC dan laptop banyak terjadi karena karena sistem pendingin kotor, dikarenakan debu ataupun karena benda-benda yang masuk tersedot kedalam sistem pendinginan.
Pada PC seringkali bermasalah pada fan pendingin dan heatsink, karena kotor fan mengalami penurunan putaran yang menyebabkan tidak optimalnya putaran fan pendingin dan heatsink kotor akan menghambat sirkulasi udara dari fan ke heatsink. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan pembersihan pada fan dan heatsink dan jika perlu diganti sebaiknya ganti fan agar tidak merusak processor.
Pada laptop seringkali permasalahan terjadi pada kisi-kisi pendinginan hal ini banyak dikarenakan banyak benda-benda aneh yang terkadang masuk kedalam sistem pendingin, debu, serabut karpet, kecoak bahkan tidak jarang saya jumpai cecak yang menjadi tulang belulang pun dapat masuk. Untuk mengatasinya sebaiknya lakukan pembongkaran pada laptop agar tidak merusak bagian-bagian lain seperti processor atau chip vga, yang rentan rusak ketika terjadi overheat.
Selain cara diatas kita juga dapat menambahan pendingin tambahan dibawah laptop kita, meskipun bukan solusi tapi cara ini yang paling praktis dan banyak dilakukan, semoga informasi diatas banyak membantu mengurangi overheat yang terjadi pada PC dan laptop. Demikian Tips n Trik dan Info kali ini. Semoga bermanfaat. Klik like button dibawah ini jika posting ini menarik menurutt Anda.


sumber:http://christinarwen.blogspot.com/2011/03/cara-mengatasi-panas-berlebih-atau.html

0 komentar em “Cara Mengatasi Laptop/PC yang Overheat”

Posting Komentar