Warung Bebas

Kamis, 15 Maret 2012

6 Cara Mengurangi Resiko Kanker Payudara

6 Cara Mengurangi Resiko Kanker Payudara - Sebuah studi banding yang dilakukan di  American Institute for Cancer Research mengatakan bahwa hampir 40 persen dari semua kasus kanker payudara di AS setiap tahunnya dapat dicegah dengan langkah-langkah gaya hidup seperti pola makan yang baik dan berolahraga.

Tidak ada salahnya untuk mencegah lebih awal, jadi mulailah hari ini :

1.Pertahankan Berat Badan Ideal Anda
Hasil penelitian menunjukan bahwa perempuan pasca menopause yang mengalami obesitas, 1,5 kali lebih mungkin terkena kanker payudara dibandingkan rekan-rekan mereka yang memiliki berat badan normal, dan secara signifikan beresiko meninggal karena penyakit tersebut. Para ahli memperkirakan terjadi 18.000 kematian per tahun akibat kanker payudara pada wanita diatas 50 tahun, yang dapat dihindari dengan mempertahankan indeks masa tubuh di bawah 25. Salah satu alasannya adalah bahwa jaringan lemak menghasilkan estrogen. Terlalu tinggi kadar estrogen dalam tubuh Anda, dapat meningkatkan resiko kanker payudara.

2. Berolahraga
Hasil penelitian dari National Cancer Institute menunjukan bahwa berolahraga 4 jam atau lebih dalam seminggu dapat menurunkan kadar estrogen, yang membantu menurunkan resiko kanker payudara. Cobalah sisakan waktu 30-40 menit sehari untuk bersepeda, berenang, jogging atau mengambil kelas latihan tinju atau aerobik 4-5 hari seminggu. Saat berolahraga tingkatkan intensitas selama beberapa menit, atau mengambil langkah yang lebih besar untuk olahraga jogging bukan jalan kaki atau mengayuh sepeda lebih cepat dari biasanya, dan juga untuk olahraga lainnya.

3. Hindari Minuman Beralkohol
Ada hubungan yang jelas antara minuman beralkohol dan kanker payudara. Semakin banyak alkohol yang dikonsumsi akan semakin membahayakan tubuh. Wanita yang minum 2-5 minuman beralkohol beresiko 1,5 kali lebih besar dibandingkan wanita yang yang tidak minum. Sebelum terkena dampaknya lebih baik menghindarinya.

4. Cari Tahu Sejarah Penyakit Keluarga Anda
Jika Ibu, nenek atau bibi Anda menderita kanker payudara pada usia 50 tahun atau sebelumnya, Anda dapat membawa mutasi gen BRCA1 atau BRCA2 yang menempatkan Anda 60% beresiko kanker payudara (dan resiko kanker ovarium pada 15-40%). Konsultasikan dengan dokter tentang tes genetik dan cari tahu tindakan protektif apa yang dapat Anda ambil.

5. Konsumsi Makanan Sehat
Penelitian menunjukan diet yang kaya akan buah, sayuran, ikan , minyak zaitun, biji-bijian, dan kacang-kacangan terkait dengan penurunan resiko kanker payudara pada wanita pasca menopause. Sebuah penelitian terbaru juga menunjukan bahwa perempuan yang membawa mutasi BRCA dan makan berbagai buah-buahan dan sayuran memiliki resiko hingga 73% lebih rendah terkena kanker payudara, daripada wanita dengan mutasi yang tidak makan sayuran.

6. Konsumsi Lebih Banyak Asupan Vitamin D
Meskipun beberapa ahli mengatakan hubungan antara vitamin D dan kanker payudara tidak pasti. Namun, satu penelitian menemukan bahwa tingkat vitamin D yang tinggi beresiko 50% lebih rendah terkena kanker payudara. Lainnya mengungkan wanita yang mendapat banyak
asupan vitamin D dari makanan atau suplemen beresiko 25-45% lebih rendah terserang kanker payudara.


Demikian Tips n Trik dan info seputar 6 Cara Mengurangi Resiko Kanker Payudara yang bisa saya share. Semoga bisa bermanfaat buat anda semua. Silahkan tinggalkan komentar anda atau tekan tombol "suka" dibawah ini jika menurut anda artikel ini menarik.

Wonderfull to share wit you

0 komentar em “6 Cara Mengurangi Resiko Kanker Payudara”

Poskan Komentar