Warung Bebas

Jumat, 17 Februari 2012

Video Game Dapat Perbaiki Mata Katarak


detail berita

PERCAYAKAH Anda bahwa bermain video game dapat membantu perbaikan mata katarak? Hal ini berdasarkan hasil sebuah penelitian.

Dephne Maurer dari McMaster University, Kanada, telah menemukan bahwa terapi video game selama 40 jam yang dilakukan selama empat pekan dapat membuat penderita katarak melihat sesuatu yang lebih detail dari sebelumnya.

"Setelah bermain video game bertemakan ‘action’ selama 40 jam yang dilaksanakan selama empat pekan, pasien lebih baik dalam melihat cetakan kecil, arah titik-titik bergerak, dan identitas wajah," ujar Maure, psikolog dari Universitas McMaster, sebagaimana dilansir Times of India, jumat (17/2/2012).

Pada penelitian sebelumnya, Maurer mendapatkan bahwa terapi bermain video game selama 40 jam dapat memerbaiki kondisi seseorang dengan "mata malas" atau amblyopia, gangguan otak di mana penglihatan dalam satu mata gagal untuk mengembang secara benar.

Menurut Maurer, operasi mata dan pemakaian lensa kontak tidak selalu bekerja dengan baik dan orang mengalami kesulitan visual ke masa dewasa.

Namun, beberapa efek dapat di balik jika individu mengikuti kursus singkat "terapi permainan".

"Perbaikan yang terjadi pada mereka memberitahu kita bahwa otak orang dewasa masih cukup elastis untuk dilatih mengatasi kekurangan sensorik," kata Maurer.

Maurer secara internasional dikenal karena karyanya tentang "synaesthetes", suatu kondisi yang membuat otak manusia menghubungkan indra yang berbeda.

Studi ini akan dipresentasikan pada Asosiasi Amerika untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan di Vancouver, dalam sesi yang disebut “The Effects of Early Experience on Lifelong Functioning: Commitment and Resilience”.

0 komentar em “Video Game Dapat Perbaiki Mata Katarak”

Posting Komentar