Warung Bebas

Minggu, 12 Februari 2012

Layanan Data Unlimited XL Bakal Dihapus

Operator telekomunikasi XL Axiata dilaporkan berencana mengakhiri layanan data dengan skema unlimited. Hal tersebut diyakini akan lebih 'adil' dan lebih menghemat penggunaan bandwidth bagi pelanggan.

Hal tersebut disampaikan oleh Hasnul Suhaimi, President Direktur XL, “Tahun ini kami berencana tidak lagi menawarkan layanan data dengan skema unlimited. Kami akan menawarkan sesuai dengan kebutuhan, sehingga tidak terjadi pemborosan bandwidth,”.

Berdasarkan analisis pihak XL Axiata, lewat skema unlimited, pelanggan justru tidak efektif dalam menggunakan layanan datanya.  Hal ini pun dianggap menjadi tidak fair, dan justru akan berimbas pada menurunnya kualitas layanan karena banyak terjadi pemborosan bandwidth.

Untuk tahun 2012, XL Axiata disebutkan bakal lebih fokus pada layanan data, dimana jika melihat hasil di tahun 2011 lalu, kontribusi layanan data bagi total pendapatan XL meningkat sangat signifikan, yakni tumbuh sebesar 61%  dibandingkan tahun sebelumnya.

Saat ini, menurut Hasnul, lebih dari setengah total pelanggan XL telah menggunakan layanan data. Bahkan trafik layanan data telah naik tiga kali lipat. Optimisme XL pada masa depan layanan data juga didukung oleh kondisi bisnis layanan ini yang sangat kondusif secara industri.

Guna memuluskan rencana untuk lebih fokus ke layanan data, XL mengalokasikan belanja modal 2012 sebesar Rp 7-8 triliun, dimana lebih dari 60% akan digunakan untuk memperkuat infrastruktur 3G dan data. Termasuk membangun jaringan transmisi berbasis IP (internet protocol) secara masif, yang akan menopang layanan akses internet berkecepatan tinggi HotRod 3G+

0 komentar em “Layanan Data Unlimited XL Bakal Dihapus”

Posting Komentar