Warung Bebas

Rabu, 22 Februari 2012

Cara Mengobati Masuk Angin

detail berita
Saat sakit (Foto: Corbis)
JANGAN anggap sepele ketika badan mulai terasa tidak enak. Beristirahatlah agar tubuh kembali fit dan tidak berlanjut menjadi suatu penyakit.

Ketika badan sudah mulai terasa tidak enak atau sering disebut tidak enak badan, kita sering kali menganggapnya remeh karena masih bisa dibuat bekerja. Padahal ketika badan sudah mulai demam, pegal-pegal, sakit kepala, mulai bersin-bersin atau dikenal orang Indonesia dengan sebutan masuk angin, itu menandakan bahwa tubuh perlu istirahat.

"Itu merupakan gejala-gejala bahwa kita telah terserang virus flu. Ketika imun lemah, virus masuk ditunggangi kuman, maka bisa terjadi penyakit macam-macam seperti pilek, batuk dengan dahak berwarna hijau atau kuning, congek dari telinga akibat radang telinga tengah, atau juga jika ke paru-paru bisa jadi bronkhitis," papar Dr Handrawan Nadesul ketika dihubungi okezone, Selasa (21/2/2012).

Praktisi kesehatan ini menyarankan saat badan terasa sudah mulai tidak enak, maka perlu memberikan hak tubuh untuk beristirahat.

"Obatnya hanya istirahat tidak beraktivitas terlebih dahulu. Tidak ke kantor kalau untuk orang dewasa, dan tidak ke sekolah untuk anak-anak. Minum yang hangat-hangat, makan teratur dan bergizi. Jangan disepelekan. Gejala-gejala yang dirasa ketika sudah terserang virus flu adalah demam, pegal, sakit kepala, dan mulai bersin-bersin. Kalau orang Indonesia biasanya menyebutnya masuk angin," jelasnya.

Tetapi bila kita tidak memberikan tubuh haknya beristirahat, maka dampaknya akan menjadi suatu penyakit yang bisa menyerang organ tubuh seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

"Tapi lebih sering masuk angin dianggap biasa saja. Padahal justru ketika mulai merasa tidak enak badan, pegal-pegal dan sebagainya, itu kita hanya butuh istirahat saja. Kalau tidak istirahat dan sakit bertambah, dokter berikan antibiotik," tutupnya

0 komentar em “Cara Mengobati Masuk Angin”

Posting Komentar